Faktor yang Mempengaruhi Emosi

Faktor Yang Mempengaruhi Emosi
Faktor - Faktor yang mempengaruhi Emosi - Setelah pada postingan sebelumnya kita membahas tentang jenis - jenis emosi, postingan dengan judul faktor yang mempengaruhi emosi ini akan membahas lagi masalah yang menyebabkan emosi itu berkembang pada diri seseorang.

a. Pola asuh Orang tua
Pola asuh orang tua sangat bervariasi. Ada pola asuh yang otoriter, memanjakan, acuh tak acuh dan ada juga yang penuh dengan cinta kasih.

b. Pengalaman Traumatik
Kejadian masa lalu yang memberikan kesannya traumatis akan mempengaruhi perkembangan emosi seseorang. Akibatnya rasa takut dan juga sikap terlalu waspada terhadap lingkungan seumur hidupnya


c. Tempramen
Tempramen adalah suasana hati yang mencirikan kehidupan emosional seseorang. Tempramen adalah bawaan sejak lahir dan merupakan bagian dari genetik yang mempunyai kekuatan hebat dalam kehidupan manusia.


d. Jenis Kelamin
Secara otomatis perbedaan emosional antara Pria dan Wanita berbeda.


e. Usia
Kematangan emosi dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan dan kematangan fisiologis seseorang.
Semakin bertambah usia, kadar hormonal seseorang menurun sehingga mengakibatkan penurunan pengaruh emosional seseorang.

f. Perubahan Jasmani
Perubahan Jasmani yaitu perubahan hormon-hormon yang mulai berfungsi sesuai dengan jenis kelaminnya masing-masing, misalnya perubahan kulit wajah yang awalnya bersih menjadi jerawatan.


g. Perubahan Interaksi dengan Teman sebaya
Di usia remaja, anak didik kebanyakan membentuk sebuah perkumpulan yang biasa disebut Genk. Faktor yang sering menimbulkan masalah emosi ialah faktor hubungan cinta dengan teman lawan jenis.

h. Perubahan Pandangan Luar
Perubahan Pandangan Luar dapat menimbulkan konflik dalam emosi seseorang, contoh :
- Tidak konsistennya sikap dunia luar terhadap pribadi anak.
- Membeda-bedakan wanita dan pria
- Dunia luar memanfaatkan kondisi ketidaklabilan seseorang untuk pengaruh yang negatif

i. Perubahan Interaksi dengan Sekolah
Sering kali seorang anak lebih percaya, lebih patuh, lebih takut kepada guru daripada kepada orangtuanya.

Mungkin masih banyak faktor lain yang mempengaruhi emosi, jika sobat ingin menambahkan, silahkan tinggalkan komentar dibawah/kolom kotak komentar ya.


Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.