Tips dan Cara Mengatasi Insomnia

Tips Cara Mengatasi Insomnia
Cara Mengatasi Insomnia - Insomnia bisa dikatakan semacam kebiasaan yang menjadi kelainan bagi seseorang yang menyebabkan dia susah tidur meskipun sudah waktunya untuk beristirahat. Kelainan atau kebiasaan insomnia biasanya terjadi pada usia remaja atau dewasa, namun tidak menutup kemungkinan dapat terjadi juga pada anak-anak. Kalau untuk kalangan netizen sendiri, hal ini bukan hal baru lagi, apalagi para gamer. Sangat banyak para netizen muda masa kini yang tetap aktif online dan chat melalui facebook maupun aplikasi messenger lainnya. 

Nah, jika sobat memang ingin sekali mengatasi ‘penyakit’ yang menurut kamu susah diatasi, kali ini Majalah Siantar akan berbagi info sekilas mengenai tips dan cara mengatasi insomnia, dapat kamu baca beberapa detail penyebab dan cara mengatasinya di bawah ini untuk informasi lebih lanjut mengenai kelainan yang kamu alami, langsung saja disimak yukk.. :

Pengenalan :

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.

Cara mengatasi (disarankan) :

1. Buat jam santai Anda sebelum tidur.
Berhenti bekerja dari tugas apapun. Apapun pekerjaan Anda hari itu, tinggalkanlah. Lakukan sesuatu hal yang bisa membuat Anda bersantai, seperti mandi air hangat diselingi musik ringan, membaca bahan bacaan ringan, atau menonton TV jika memang dapat membuat Anda santai (hindari berita TV yang justru membuat stress).

2. Jadwalkan untuk berolahraga selama 30 menit dalam sehari selama seminggu. 
Anda bisa membagi-baginya dalam beberapa waktu dalam sehari. Misalnya, 10 menit jogging sebelum makan pagi, 10 menit pada saat makan siang, dan 10 menit pada waktu makan malam. 

3. Pergi tidur dan biasakan pola bangun pada jam yang sama selama 7 hari berturut-turut.

4. Hindari kafein (biasa terdapat pada minuman kopi) setelah jam 2 siang. Jangan pula mengkonsumsi minuman bersoda dan obat sakit kepala.

5. Lakukan relaksasi tubuh dan pikiran seperti meditasi, yoga, atau pijat relaksasi dan lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal. Lebih efektif lagi jika kamu melakukan olahraga yang bikin kamu merasa lelah, sehingga badan dengan alami "meminta" kamu untuk beristirahat. Sehingga tidur yang dihasilkan pun lebih berkualitas.

Semoga tips cara mengatasi insomnia tersebut dapat membantu sobat Majalah Siantar yang memang memiliki kelainan susah tidur, dan jangan lupa sikat gigi sebelum tidur jika cara diatas dapat diandalkan.


Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.