Tips Mengatasi HP Kemasukan Air

Tips Mengatasi HP Kemasukan Air
Handphone atau yang biasa kita sebut HP adalah barang elektronik yang kalau kena air bisa rusak dan tidak berfungsi sebagaimana biasanya. Pernah gak punya hp terkena air seperti jatuh ke sungai, ke bak mandi, atau dibuang anak – anak ke selokan ?. Pasti pernah kan, terkadang kejadian ini biasanya terjadi saat pemilik hp sedang ceroboh atau malah tidak sengaja membuat HP miliknya tersebut terkena air sehingga membasahi ponsel tersebut. 

Selalu ada kemungkinan ponsel terjatuh ke dalam air tanpa disengaja, atau basah kuyup ketika Anda terkena hujan. Padahal barang elektronik seperti HP memang sangat rentan rusak jika terkena air. Sebelum Anda buru-buru memperbaikinya ke teknisi hp setempat, ada baiknya Anda berusaha terlebih dahulu memperhatikan ponsel itu. Siapa tahu ponsel Anda bisa kembali normal tanpa perlu ke bengkel atau ke teknisi setempat. Berikut ini ada tips mengatasi hp yang kemasukan air atau basah karena hujan dll.

Keringkan ponsel sampai benar-benar kering. Gunakan kain yang bisa menyerap air. Jika ada, gunakan juga pengering rambut alias hair dryer. Namun pastikan ponsel Anda jangan sampai terlalu panas. Jangan pula meletakkannya di microwave. Ponsel yang terlalu panas dilaporkan bisa meledak.

• Jika ponsel Anda terendam, keluarkan ponsel dari air secepatnya untuk mencegah komponen bagian dalam terkontaminasi air. Dalam beberapa kasus, casing ponsel memang cukup rapat untuk mencegah rembesan air. Namun hal ini hanya akan bertahan selama beberapa puluh detik.

Segera keluarkan juga kartu SIM anda untuk mencegah kemungkinan kerusakan atau kehilangan data. Anda tentu tak ingin phonebook atau SMS penting Anda lenyap. Biarkan kartu SIM Anda sampai benar-benar kering sebelum anda mengecek kondisinya.

• Segera keluarkan baterai dari dalam ponsel. Memutus aliran sumber daya angatlah penting untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan ponsel. Beberapa sirkuit elektronik dinyatakan bisa tetap bertahan dalam keadaan basah, jika tidak terhubung dengan sumber daya.

Uji coba kondisi ponsel anda setelah benar-benar kering. Jika ponsel ngadat, periksalah apakah ponsel atau baterai anda yang rusak, dengan memakai baterai cadangan. Jika hanya baterainya yang rusak, anda tinggal membeli yang baru.


Jika seluruh langkah tersebut telah Anda lakukan namun ponsel tetap mengalami kerusakan, apa boleh buat, sepertinya sobat harus mengandalkan jasa teknisi ponsel. Namun ingat, anda harus mencari teknisi ponsel yang terpercaya dan berpengalaman dalam bidang tersebut. :)


Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.