Kompres Kode HTML Blog, Perlukah ?

Kompres Kode HTML Blog
Kompres Kode HTML Blog, Perlukah ? | Majalah Siantar – Sudah sekian lamanya Majalah Siantar gak posting tentang kategori belajar ngeBlog, karena belakangan ini admin melihat sudah banyak sekali blogger yang mengulas hal yang serupa di blognya, ditambah lagi penjelasan mereka pun sudah cukup jelas dan mudah dimengerti, namun ada satu pertanyaan dari teman saya, yang memang masih cukup baru dalam dunia blogging, dan saya angkat jadi judul postingan pada kategori belajar ngeBlog kali ini, pertanyaannya adalah, perlukah kita mengkompress kode HTML template blog kita ?

Postingan ini sebagai jawaban atas email masuk yang mempertanyakan masalah blogging, mungkin saya bukanlah ahlinya akan tetapi menurut saya pribadi saya punya jawaban, dan inilah jawaban tersebut :

Pastikan Pilihan Template Anda

Kalo dalam blogger, saya kategorikan ada 2 jenis template pada umumnya, yakni:

1. Template bawaan dari blogger yang bisa kita ubah sesuaikan di perancang template, dan yang kedua,

2. Template buatan sendiri maupun menggunakan template buatan orang itu sama saja masih dalam kategori template luar blogger. Karena memang kita lebih sering atau lebih suka memakai template buatan desaigner template dengan alasan tampilannya yang seo friendly atau cocoklah dipandang mata.

Jika sobat memilih menggunakan template bawaan blogger :

Saya rekomendasikan untuk mengkompress kode HTML blog dengan catatan kedepannya tidak ada lagi perubahan atau paling tidak hanya sedikit perubahan yang sobat lakukan dimasa depan. Meski template blog bawaan blogger adalah template yang paling easy loading, namun akan lebih maksimal jika kita mengkompress kode HTML blog kita. Caranya seperti berikut :


1.Loggin Blogger
2.Ke Rancangan
3.Edit HTML
4.Klik Download template/Backup template agar jika terjadi kesalahan dapat dikembalikan
5.Copy kan semua kode HTML ( agar cepat tekan Ctrl + A )
6.Buka http://www.textfixer.com/html/compress-html-compression.php
7.Ikuti langkah-langkah berikut


8.Lalu klik simpan template.


Jika sobat memilih menggunakan template buatan orang :

Saya rekomendasikan tidak perlu mengkompress kode HTML blog keseluruhan, atau bahkan tidak sama sekali. Karena alasan seperti berikut :

1. Biasanya, si pembuat template menggunakan konsep kode html yang sama untuk berbagai template yang berbeda, mengapa bisa berbeda ?, jawabannya karena pemilihan lay out template. Intinya, dengan konsep kode HTML yang ada, si desaigner template blog dapat menciptakan lebih dari 1 template blog hanya dengan 1 konsep kode html tersebut, untuk membuatnya berbeda, hanya perlu membuat ukuran, jumlah kolom sidebar, atau gambar atribut templatenya saja yang di ubah.

2. Konsep kode HTML tersebut pastinya sudah diuji coba kecepatan loading blognya, dengan demikian, misal, untuk membuat 10 template blog, si pembuat template tidak perlu menguji satu per satu kecepatan loading blog, cukup sekali saja. Template yang dihasilkan pun bisa saja lebih dari 10.

3. Karena yang kita pakai adalah template hasil buatan orang, terkadang ada saat – saat dimana kita ingin mengedit, menambah widget tertentu dalam template blog, namun apabila kita mengkompress kode HTML blog kita, ada masalah baru yang akan cukup menyulitkan, yakni saat menggunakan fasilitas cari kode (Control + F), sering kali kode yang kita cari tidak dapat ditemukan, padahal bukan karena tidak ada dalam template tersebut, hanya saja hasil output dari hasil kompress lah yang membuatnya berbeda.

Dari beberapa ulasan atas jawaban dari pertanyaan perlukah kita mengkompress blog tersebut, saya harap sobat blogger semua bisa mendapat pandangan baru yang hanya bersifat opini saja, boleh sobat ikuti, boleh juga tidak, semua tergantung keputusan anda sendiri sebagai pengelola blog yang pastinya menginginkan yang terbaik untuk blog sendiri, nah buat para sahabat blogger Majalah Siantar, jika ada rekomendasi atau komentar atas postingan ini, silahkan tinggalkan komentar anda agar bisa menjadi pelengkap. Salam Blogger. :)

Hendrikson FBI


Give Your Rating to this post :

Rating: 5
Description: Kompres Kode HTML Blog, Perlukah ? Reviewer: Hendrikson FBI - Itemreviewed: Kompres Kode HTML Blog, Perlukah ? Kompres Kode HTML Blog, Perlukah ?

© Majalah Siantar | All Rights Reserved.
Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.