6 Cara Hebat Atasi Sifat Boros

6 Cara Hebat Atasi Sifat Boros
6 Cara Hebat Atasi Sifat Boros | Majalah Siantar – Salah satu kelemahan anak muda zaman sekarang yakni tidak bisa mengendalikan keinginannya atas sesuatu (jika punya uang tentunya). Dengan kata lain tidak sanggup mengontrol dirinya sendiri mungkin karena perkembangan emosi remaja yang tidak stabil, dalam hal ini adalah bagian keuangan. Remaja dengan budget yang tinggi cenderung memiliki anggaran keluar yang tinggi pula, padahal jika dibandingkan dengan teman sebaya mereka dengan kondisi yang wajar, perbandingannya akan sangat jauh sekali. Mungkin Anda atau rekan Anda adalah salah satu dari sekian banyaknya kelompok remaja yang galau dalam mengurus keuangan. Memang dalam urusan menghilangkan sifat boros yang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari cukup sulit. Namanya juga kebiasaan. Kebiasaan memang sulit dihilangkan karena sudah mendarah daging. Lalu bagaimana? Apakah sifat boros itu tidak bisa dihilangkan? Tentu saja bisa, tapi ada syarat yang harus dipenuhi yaitu niat yang kuat untuk berubah dan memang mau berubah. Jika belum atau tidak memilikinya, maka semua tips pada artikel 6 Cara Hebat Atasi Sifat Boros ini akan sia-sia belaka.


Nah, jika kamu sudah memiliki niat yang kuat untuk berubah, mari kita mulai bagaimana cara menghilangkan sifat boros dengan 6 Cara Hebat Atasi Sifat Boros.


1. Membuat Anggaran Sendiri

Buatlah daftar anggaran belanja atau pengeluaran. Sisihkan untuk masing-masing pos. Misalkan untuk pos kesehatan, peralatan, liburan, pakaian, kecantikan, dan lain lain. Dengan begitu, kita bisa lebih mengkontrol pengeluaran. Tidak membabi buta. Walau pun ada melenceng sedikit dari perkiraan, toh jumlahnya tidak terlalu besar.


2. Buat Skala Prioritas

Buatlah skala prioritas mengenai kebutuhanmu, mana kebutuhan yang benar-benar penting dan mana yang bisa ditangguhkan. Utamakan dulu untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar penting. Yang berada dalam daftar teratas peringkat kebutuhan.


3. Buatlah Sebuah Analisa

Buatlah sebuah analisa mengenai situasi dan kondisi apa saja yang membuat kamu boros. Di mana saja kamu menghamburkan uangmu. Pokoknya analisa itu harus memenuhi unsur 1H+5w. Buatlah analisa seperti itu dan temukan jawabannya. Setelah itu berusaha untuk menghindarinya secara perlahan dan bertahap. Tidak perlu sekaligus.


4. Bedakan Mana Keinginan dan Mana Kebutuhan

Kebutuhan manusia berbeda dengan kebutuhan. Kebutuhan bisa diatur tapi keinginan selalu meminta lebih. Bahkan melebihi kemampuan kita. Seseorang bisa saja memiliki keinginan untuk membeli Kapal pesiar atau pesawat pribadi untuk bisa jalan-jalan. Tapi apakah itu yang kita butuhkan? Jangan-jangan, sebenarnya yang kita butuhkan hanyalah satu liter bensin untuk sepeda motor yang kita punya untuk bisa jalan-jalan.


5. Bercita-cita Membeli Sesuatu dan Mulai Menabung

Memiliki cita-cita berarti memiliki motivasi yang kuat. Bercita-cita membeli barang yang di atas kemampuan kita sehari-hari bisa dijadikan sarana untuk belajar menghilangkan sifat boros. Dengan catan kamu harus mulai menabung juga untuk bisa mewujudkan cita-cita kamu tersebut. Setiap kali kamu punya uang dan ingin menghamburkannya, kamu harus ingat bahwa kamu memiliki cita-cita yang harus kamu wujudkan. Daripada menghamburkan uang tersebut untuk hal yang enggak penting, lebih baik ditabung saja. Kalau sudah terbiasa seperti ini maka secara tidak sadar kamu sudah berubah menjadi pribadi yang hemat.


6. Bawa Uang Secukupnya Saja

Kesalahan utama seseorang yang suka boros adalah selalu membawa uang lebih saat keluar atau berbelanja. Akibatnya sering kali mereka tergoda untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan sama sekali. Nanti pas sampai di rumah baru deh, nyesel ngapainbeli barang seperti itu..? Padahal ada kebutuhan lain yang lebih penting yang harus dibeli.


Setelah beberapa tips yang dipaparkan diatas, selamat mencoba mengatasi dan menghilangkan sifat boros dalam diri kamu, dan belajar menjadi orang yang hemat, hemat bukan berarti pelit, hemat itu cara orang dewasa menggunakan akal dan pikirannya untuk mengelola sesuatu yang sangat memiliki pengaruh dalam kehidupannya. Salam Super..

:)




Give Your Rating to this post :

Rating: 5
Description: 6 Cara Hebat Atasi Sifat Boros Reviewer: Hendrikson FBI - Itemreviewed: 6 Cara Hebat Atasi Sifat Boros 6 Cara Hebat Atasi Sifat Boros


© Majalah Siantar | All Rights Reserved.

Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.