Awas, Obat Tidur Bisa Bikin Tidur Selamanya

Awas, Obat Tidur Bisa Bikin Tidur Selamanya | Majalah Siantar – Bicara masalah rutinitas, kesibukan, pekerjaan dan aktivitas sehari – hari memang tidak ada habisnya. Terkadang banyak kegiatan yang harus dilakukan meski harus mengorbankan waktu istirahat, dan jika pekerjaan sudah selesai, sering kali kita harus bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk sekedar istirahat atau tidur sejenak untuk menghabiskan waktu yang tersisa.

Awas, Obat Tidur Bisa Bikin Tidur Selamanya

Namun masalah baru muncul lagi, yakni susah tidur. Dalam sehari – hari kita menyebutnya insomnia atau penyakit susah tidur yang sangat berat untuk diterima karena akan banyak sekali aktivitas lain yang harus dilakukan segera dan tubuh membutuhkan energi tambahan yang didapat dari tidur. 

Solusi memang banyak, sebagian banyak memilih untuk mengkonsumsi obat tidur, dan memang berhasil. Survey pada 2.077 orang dewasa menemukan bahwa 51 persen penderita insomnia membeli obat tidur dan mengonsumsinya tanpa memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Tiga dari 10 orang mengatakan mereka telah menggunakannya lebih dari sebulan tanpa pengawasan dokter. Sementara 14 persen bakan mengonsumsinya selama enam bulan berturut-turut.


Taukah sobat, bahwa dengan minum obat tidur untuk cara mengatasi insomnia bisa berakibat buruk bagi kesehatan jika dilakukan secara terus-menerus. Menggunakan cara instan untuk mengatasi insomnia tanpa melihat penyebab insomnia itu sendiri bisa berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa cara bisa dilakukan orang untuk menangani insomnia, seperti mengatur jadwal tidur, menghindari kafein, dan alkohol. namun jika insomnia berakar pada penyakit lain, lebih baik untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum mengonsumsi obat tidur.

8 dari 10 kasus insomnia bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lain seperti penyakit mental atau fisik. Penyakit-penyakit tersebut lah yang seharusnya diatasi untuk bisa menyembuhkan insomnia, tutur Royat Pharmaceutical Society.

"Sangat mengkhawatirkan, mengetahui banyak orang yang menggunakan obat tidur secara berlebihan. Obat tidur bisa digunakan untuk mengobati insomnia tahap ringan, namun seharusnya tak digunakan dalam jangka waktu yang panjang karena bisa menyebabkan masalah kesehatan serius," tambah Paul Johnson, seorang apoteker, seperti dilansir oleh Times of India.


© Majalah Siantar | All Rights Reserved.


Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.