Nafsu Makan Berkurang ? Ini Sebabnya

Nafsu Makan Berkurang ? Ini Sebabnya | Majalah Siantar – Nafsu makan sangatlah mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Terkadang ada saja saat – saat dimana kita kehilangan selera makan dan tidak merasa lapar meski sudah saatnya jam makan.

Meski tak terlalu sering namun hal ini pasti pernah terjadi pada siapapun, namun tetap disarankan agar memaksakan makan agar tubuh kita mendapatkan asupan energi yang cukup untuk melakukan aktifitas. Namun jika nafsu makan tetap tidak ada, kira – kira apa sebab ? berikut informasi mengenai faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat nafsu makan seseorang.

Nafsu Makan Berkurang ? Ini Sebabnya

1. Stres
Faktor pertama adalah stres. Stres sering kali berhubungan dengan makan berlebih, tetapi fakta membuktikan bahwa banyak orang tidak nafsu makan karena sedang mengalami stres. Stres dapat menurunkan keinginan dan selera orang terhadap makanan. Gangguan mood dan depresi juga terkait dengan nafsu makan rendah.

2. Gangguan Pencernaan
Masalah lambung seperti sembelit, diare, gas perut berlebihan, masalah hati, penyakit Crohn, dan yang lainnya dapat berpotensi menurunkan nafsu makan seseorang.

3. Obat-Obatan
Beberapa obat-obatan tertentu seperti digoksin, fluoxetine, hydralazine dan quinidine dapat menekan nafsu makan pada seseorang. Hal ini dikarenakan obat tersebut sangat berpengaruh pada tubuh dan membuat si pengguna obat merasa tidak nyaman untuk segera makan.

4. Gangguan Makan
Beberapa orang sengaja mengurangi nafsu makan untuk menurunkan berat badan atau tampak kurus. Nafsu makan yang rendah sering dikaitkan dengan gangguan makan seperti aneroxia nervosa, yaitu suatu kondisi di mana seseorang membentuk citra diri yang salah, ingin tampak kurus dengan mengurangi makan dan memperbanyak olahraga.

5. Usia
Seiiring dengan bertambahnya usia, indra perasa dan bau akan berubah menjadi kurang peka dan hal ini akan membuat orang dengan mudah kehilangan minat dalam makanan meskipun saat muda mereka sangat menggemari makanan tertentu.

6. Demam
Lidah kehilangan rasa bila kondisi tubuh sedang demam dan karena itulah seseorang
akan kehilangan minatnya dalam makanan.

7. Penyakit Kanker dan AIDS
Ini adalah kondisi medis parah yang dapat menyebabkan nafsu makan berkurang dan penurunan berat badan yang signifikan. Bahkan obat yang diresepkan untuk penyakit bekerja untuk membatasi nafsu makan.


© Majalah Siantar | All Rights Reserved.


Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.