5 Tips Memilih Nama Domain

5 Tips Memilih Nama Domain
5 Tips Memilih Nama Domain Situs | Majalah Siantar – Segera setelah sobat sudah punya skill dalam menguasai bahasa pemrograman web seperti HTML dan PHP serta coding lainnya didukung dengan ilmu javascript, kini saatnya sobat membangun situs dengan brand milik sendiri. Kali ini hanya fokus pada pemilihan domain saja, untuk urusan hosting kita bahas terpisah, namun sekilas sepertinya saya sudah pernah bahas masalah hosting gratis terbaik dan juga hosting murah pada artikel Mau Bikin Website + Hosting Murah AbizZ? Ke Rajawebhost.com aja!. Masih sempat – sempatnya optimasi ya gan hehehe 48x :D

Nah, seperti pada beberapa pengalaman rekan sesama blogger yang kadang “menyesal” tidak langsung mengganti domain mereka ke TLD domain, karena memang dirintis dengan sungguh – sungguh, blog mereka pun bisa beken dan punya traffic yang cukup fantastis seperti majalah siantar ini ( narsis :D ). Bagi blogger yang lain juga punya masalah sendiri untuk menjadikan subdomain menjadi TLD, seperti kurangnya budget atau belum punya pengalaman untuk beli domain, takut ketipu sama provider domain atau belum tau gimana cara mensinkronkan blogger dengan domain sendiri, atau memang suka yang gratisan. Namun, ada baiknya kita cukup mengcustomkan domain yang kita punya ke blogger saja agar biaya hosting tak perlu dipusingkan. TLD juga merupakan salah satu cara meningkatkan nama blog karena lebih mudah diingat oleh pengunjung blog/web. Dibawah ini ada beberapa tips memilih nama domain situs yang mungkin bisa dijadikan referensi sebelum mantap membeli domain yang kamu idamkan.

5 Tips Memilih Nama Domain Situs

1. Jangan terlalu panjang: Perlu diingat bahwa pengunjung terkadang mengunjungi blog kita hanya dengan mengetik nama domain langsung di address pada browser. Pilihlah nama domain tidak lebih dari 20 karakter atau lebih bagus nya lagi 3 – 9 huruf saja. Misal : skorterkini.com ( promo lagi :D )

2. Mudah di Ingat: Pastikan nama domain yang akan kamu beli mudah diingat dan juga gampang di eja. Kurangi penggunaan huruf yang double atau ganda, misalnya: sussusaaya.com, atau sussukkamu.com.

3. Abaikan penggunaan nomor dan garis bawah: Menambahkan nomor, garis bawah pada nama domain sebenarnya sah – sah saja, misalnya: blog7l4p0.com (artinya blog si lapo), (ada baiknya cukup memilih blogsilapo.com saja). akan tetapi penambahan tersebut bisa membuat bingung search engine pada hasil pencarian, dan itu artinya situs kita akan kehilangan traffic. Sayang kan ?

4. Gunakan keyword yang diincar: Terkadang nama domain yang kita pilih udah keburu diambil orang, jika sudah begini sebagai alternatif sobat bisa menambahkan keyword atau deskripsi inti pada nama domain sebagai permulaan nama domain.

5. Registrasi nama domain untuk jangka panjang: Jika anggaran memungkinkan, ada baiknya order nama domain langsung selama 2 atau 4 tahun kedepan. Konon, top level domain yang diregistrasi untuk jangka panjang punya nilai lebih dimata mesin pencari terutama Google™. Logikanya, karena anda termasuk melakukan investasi dalam mengamankan nama domain situs kamu.

Itu dia info seputar 5 tips memilih nama domain situs. Kalo sudah punya domain bagus, segera setting sehingga orang bisa mengakses situs dengan nama domain pilihanmu, bisa dengan custom ke blogger atau sewa hosting pribadi. Selamat berburu domain kawan, semoga Tuhan besertamu :D


Give Your Rating to this post :

Rating: 5
Description: 5 Tips Memilih Nama Domain Reviewer: Hendrikson FBI - Itemreviewed: 5 Tips Memilih Nama Domain 5 Tips Memilih Nama Domain


© Majalah Siantar | All Rights Reserved.


Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.