Cara Menyeduh Teh yang Benar

Cara Menyeduh Teh yang Benar
Cara menyeduh Teh

MajalahSiantar.NET - Terkadang kita merasa bahwa membuat teh itu sangat mudah, memang pada kenyataannya juga demikian. Tapi, tidak banyak yang tahu jika dengan melakukan beberapa tahap ini, teh yang kita buat akan terasa enak maksimal. Mungkin hal ini tidak akan dibocorkan oleh pemilik cafe atau bahkan pemilik warung teh sekalipun, maklum rahasia katanya.

Wajar saja, mereka ingin menjaga agar pelanggan setia mereka tetap mampir, di lain sisi juga mereka menjaga rahasia dapur mereka agar tidak mudah ditiru oleh orang-orang yang memiliki usaha yang sama. Namanya bisnis, persaingan ya tetap ada pastinya. Meski kali ini kelihatan postingan ini kurang kerjaan, tapi tidak apa-apa, mungkin ada 2 atau 3 orang di dunia persilatan ini yang berkenan membacanya.

Kita pasti sudah mengakui jika teh adalah minuman yang paling populer di seluruh dunia. Kali ini, MS akan berbagi bagaimana sih cara menyeduh teh yang benar supaya khasiatnya tidak hilang dan aromanya menjadi mantap. Nih, simak aja guys..

1. Perhatikan Suhu Air.
Untuk menyeduh teh hijau, suhu air yang digunakan berbeda dengan teh tubruk atau teh hitam. Teh hitam atau teh tubruk merupakan jenis yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Suhu air sebaiknya sekitar 90 derajat celsius jika menyeduh teh hitam, sebab jika air mendidih yang langsung dipakai untuk menyeduh, maka teh bisa ‘gosong’ atau hilang khasiat dan aromanya.

Begitu juga dengan teh hijau atau teh bunga. Diamkan dulu air yang baru mendidih sekitar 1 menit, lalu tuangkan ke wadah teh.

2. Durasi.
Lama penyeduhan juga mempengaruhi kandungan zat yang terdapat dalam teh. Teh hijau, bagus jika diseduh selama 30 detik, lantas langsung diminum.

Sedang teh dalam kantung seperti teh hitam, baiknya tidak lebih dari 5 menit, sebab kandungan zat pengawet dalam kantungnya dapat larut dalam minuman.

3. Wadah.
Memilih teko tempat menyeduh teh, juga berpengaruh pada aroma dan khasiat. Sebaiknya wadah teh terbuat dari besi cor. Gunanya untuk menjaga suhu agar tidak cepat dingin, dan membuat daun teh maksimal mengeluarkan ekstrak dan antioksidannya.

4. Alat Pengaduk.
Jangan biasakan merendam alat pengaduk (sendok) di dalam secangkir teh panas. Sebaiknya sendok langsung diangkat dari dalam cangkir.

Semoga bermanfaat bagi Anda pecinta teh..
Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.