Hacker Perlambat Kecepatan Internet Dunia

Hacker Perlambat Kecepatan Internet Dunia

Hacker Perlambat Kecepatan Internet Dunia | Berita Terbaru - Usai jaringan Smartfren lambat tempo lalu, kali ini kecepatan internet dunia yang dikabarkan makin melambat. Hal ini dikarenakan oleh ulah hacker yang melancarkan serangan distributed denial of service (DDoS) yang diklaim sebagai yang terbesar dalam sejarah. [Baca juga: Twitter diserang hacker] Serangan yang satu inipun disinyalir sedikit berbeda dari cara yang digunakan hacker pada umumnya. Sebab dengan menggunakan masalah yang ada pada Domain Name System (DNS), Hacker tersebut memborbardir server korban dengan traffic internet dari seluruh dunia.

Pada serangan biasa, untuk melancarkan serangan DDoS, si penyerang memanfaatkan server atau botnet untuk mengirimkan traffic palsu kepada target dengan harapan dapat membuat server target menjadi offline atau mati. Dengan cara baru memanfaatkan DNS tadi, skala serangan ini disebut sebagai yang terbesar dalam sejarah karena mampu mencapai 300 GB per detiknya.

Serangan DDoS ini diarahkan ke sebuah perusahaan keamanan jaringan bernama Spamhaus. Perusahaan yang bermarkas di kota Geneva (Swiss) dan London (Inggris) tersebut selama ini bekerja membuat daftar hitam (blacklist) situs-situs web yang dianggap berbahaya bagi user lain. [Baca juga: cara hacker membobol akun website]

Daftar hitam tersebut nantinya akan dijual ke berbagai perusahaan penyedia layanan internet (ISP) yang biasanya menggunakan daftar ini sebagai acuan untuk memblokir situs-situs web yang dianggap berbahaya. Spamhaus sendiri dikabarkan menjadi korban serangan DDoS setelah menambahkan Cyberbunker, sebuah penyelengara internet asal Belanda, dalam daftar hitamnya.

Cyberbunker adalah sebuah layanan penyimpanan data yang mengizinkan penggunanya untuk menyimpan semua data, kecuali pornografi anak dan hal-hal yang berkaitan dengan teroris. Sepertinya, pihak-pihak di balik Cyberbunker atau bersimpati dengannya murka atas tindakan pemblokiran tersebut, kemudian mereka pun melakukan serangan balasan dendam. Hingga saat ini, polisi internet dari lima negara kini tengah menyelidiki serangan cyber terbesar ini.

Give Your Rating to this post : 
 
Rating: 5   
Description: Hacker Perlambat Kecepatan Internet Dunia    Reviewer: Hendrikson FBI - Itemreviewed: Hacker Perlambat Kecepatan Internet Dunia Hacker Perlambat Kecepatan Internet Dunia   


© Majalah Siantar | All Rights Reserved.   


Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.