Teknik White Hat | Tips Bermain SEO yang Baik

Teknik White Hat | Tips Bermain SEO yang Baik

Tips Bermain SEO yang Baik | Cara Menerapkan Teknik SEO dengan Aman | Teknik White Hat SEO | Majalah Siantar – Banyaknya rekan – rekan sesama blogger yang blognya akhirnya dibanned oleh Google, hal tersebut dikarenakan oleh banyak alasan. Salah satu alasan mengapa blog tersebut dibanned yakni penyalahgunaan SEO yang diterapkan admin blog pada blognya sendiri. Bersyukurlah sampai saat ini Majalah Siantar masih tetap eksis dijagad maya ini untuk tetap memberikan informasi yang diharapkan bermanfaat bagi  pembacanya (kalo ada). Salah satu teman saya (sebut saja Bunga, 24 tahun) yang juga berkecimpung didunia blogging, yang sedih akibat blog yang dikelolanya selama bertahun – tahun (mungkin dia lebih mencintai blognya dari pada pacarnya sendiri) bertanya mengapa blognya bisa dihapus secara sepihak oleh Google, dan mengapa blog ini (Majalah Siantar) tidak dihapus juga (temen sialan), dan sepertinya Ia ingin sekali mendengar jawaban dari admin MS. Jika lewat telfon, saya rugi di pulsa, kalo lewat sms, capek ngetiknya, akhirnya saya publishkan di blog ini dan masuk pada kategori belajar SEO. Sekalian juga update isi kategori SEO yang sudah lama tidak ada cerita barunya.

Sejujurnya, saya sendiri tidak terlalu tau secara spesifik dan mendetail apa – apa saja alasan atau kriteria blog yang menyalahi terms of use nya Blogger yang notabene milik Google™. Namun singkat cerita, hal – hal seperti konten yang tidak berkualitas sangat besar kemungkinan menjadi alasan dalam membanned blog – blog yang melanggarnya. Jadi untuk artikel kali ini fokus di penyalahgunaan SEO nya, bukan di permasalahan konten blog.

Jika Anda menganalisis semua pembaruan yang dilakukan oleh Google sepanjang tahun ini, maka Anda akan tahu bahwa satu-satunya motif di balik pembaruan ini adalah untuk memberikan hasil kualitas yang lebih baik kepada pengguna Google. Dimana si Google Panda berkonsentrasi pada urusan duplikat konten, hindari menggunakan teknik auto generate content, isi materi yang terlalu singkat dan konten berkualitas rendah, sehingga secara langsung memberikan pertanda bahwa hanya konten berkualitas tinggi yang akan mendapatkan posisi strategis di SERP.

Berbeda halnya dengan si Google Penguin yang tak segan – segan memberikan penalty atau hukuman pada website yang optimasinya dilakukan secara berlebihan. Google merasa bahwa konten yang tidak berbobot atau tidak relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna Google berada diperingkat yang tinggi dalam hasil pencarian karena over optimasi tidaklah bermanfaat bagi user atau pengguna layanan mereka,  sehingga Google memutuskan untuk menghukum website tersebut atau istilahnya dipenalti sehingga hanya konten yang relevan dengan SEO natural lah yang mendapatkan peringkat bagus di SERP. Khususnya yang memang fokus pada kualitas konten dengan menerapkan teknik white hat seo disitus yang dikelolanya.

Hal lain yang juga sebaiknya diperhatikan blogger ataupun webmaster adalah penggunaan anchor teks yang digunakan untuk membangun backlink. Disarankan agar tidak menggunakan 'kata kunci' atau 'anchor teks'  untuk semua backlink yang menuju website sobat, karena penggunaan anchor teks tunggal berakibat pada posisi web di hasil SERP. Faktanya, lebih dari 67% web dipenalty karena mereka hanya menggunakan 'kata kunci' tunggal atau 'frase kata kunci' sebagai anchor teks dalam strategi membangun backlink mereka. Selain itu, banyak juga admin yang menggunakan sofware dalam membangun backlink instant. Artinya, mereka bisa mendapatkan ribuan backlink hanya dalam 5 menit saja. Hal ini sebaiknya dihindari sebab Google dengan tegas menjelaskan bahwa ia akan menghukum semua situs-situs yang akan menggunakan teknik membangun link dengan cara non-etis. Sebaliknya, cara terbaik untuk mendapatkan backlink adalah dengan menjadi author diwebsite berkualitas. Intinya, backlink kualitas tinggi hanya didapat jika situs yang memberi backlink berkualitas dimata mesin pencari seperti blog ini hehehe.. Sebagai tambahan, website yang memberi backlink haruslah relevan dengan blog yang disuntikkan backlink.

Tapi yang paling penting dari semua tips diatas adalah konten blog Anda. Jika konten Anda tidak berkualitas tinggi maka orang akan jera untuk datang kembali ke blog Anda, dan tentu saja Anda tidak akan mendapatkan pembaca setia blog sobat. Jadi fokus dalam menghasilkan konten berkualitas tinggi dengan bantuan SEO secara natural dan mudah – mudahan website yang Anda kelola akan berada pada posisi yang strategis di SERP. Demikianlah tips bermain seo yang baik menurut saya, jika ada saran atau pertanyaan, silahkan tinggalkan dikolom komentar. Salam super..


Give Your Rating to this post : 
 
Rating: 5   
Description: Teknik White Hat | Tips Bermain SEO yang Baik    Reviewer: Hendrikson FBI - Itemreviewed: Teknik White Hat | Tips Bermain SEO yang Baik Teknik White Hat | Tips Bermain SEO yang Baik   


© Majalah Siantar | All Rights Reserved.   

Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.