10 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Mendaftar Google AdSense

10 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Mendaftar Google AdSense - Anda ingin menghasilkan uang halal dengan menjadi publisher Google AdSense kan? Sebelumnya saya juga gitu, jujur butuh beberapa tahun untuk bisa diterima. Bahkan sudah ada puluhan e-mail tercipta untuk bisa lolos ke media advertising yang satu ini. Nah, untuk info kontak sendiri sudah semua nama keluarga masuk, mulai dari mbah, eyang, bapak, ibu, kakak, adik, sampai nama lurah juga jadi korban.

Tapi sekarang ini memang harus diakui tidak mudah untuk bisa masuk ke program Google AdSense. Anda harus mengikuti beberapa hal dan juga aturan main sebelum melamar menjadi publisher AdSense.

Setidaknya kamu pasti pernah berpikir tentang hal – hal berikut ini ...
Bagaimana cara mendaftar Google AdSense ?
Apa saja yang harus saya lakukan untuk memenuhi syarat masuk Google AdSense ?
Apakah saya berhak untuk mengajukan permohonan AdSense ?
Apa Saja Persyaratan agar diterima Google AdSense ?
Mengapa aplikasi Google AdSense saya ditolak ?

Postingan kali ini akan menjawab semua pertanyaan Anda. Mungkin agak sedikit panjang jadi jangan lupa untuk menyiapkan secangkir kopi dan cemilan ..
 
10 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Mendaftar Google AdSense
10 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Mendaftar Google AdSense
Apa itu Google AdSense dan Mengapa Anda harus menggunakannya?
Google AdSense adalah salah satu jaringan media advertising tertua yang menawarkan penerbitan iklan dengan sistem Pay Per Click (PPC). Google sendiri memberikan keistimewaan kepada pengguna blogger.com untuk menampilkan iklan dengan cara apply dan integrasi iklan yang sangat mudah dilakukan.

Jaringan iklan ini sangat memperhatikan kualitas. Google AdSense memiliki ribuan bahkan lebih pelanggan dan publisher yang puas akan pelayanannya. Google AdSense selalu membayar tepat waktu, kapanpun Anda sudah mencapai batas minimum payout (tentu dengan aturan yang mereka tetapkan).

Satu lagi alasan untuk memilih Google AdSense adalah bahwa kita bisa mendapatkan uang dalam jumlah besar jika kita melakukan pekerjaan kita dengan cara yang benar. Ada banyak blogger yang membuat sumber penghasilan utama mereka dari blog dan akun Google AdSense yang mereka miliki. Oleh karena itu, Google AdSense harus menjadi pilihan nomor satu di antara semua jaringan iklan lain yang tersedia.

GA juga membayar dengan tarif bayaran yang jauh lebih baik dari semua jaringan yang ada dan merupakan alasan terbesar mengapa mereka begitu populer untuk semua kalangan Blogger dan Webmaster. Tapi karena semua orang kini tertarik dengan program mereka, Google telah membuat sistem persetujuan yang sangat ketat. Apabila Anda membuat satu kesalahan kecil saja maka yang Anda dapatkan adalah penolakan setiap kali mendaftar. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Google akan menolak aplikasi Anda untuk menjadi publisher Google Adsense.

Mengapa aplikasi / permohonan Google Adsense Anda ditolak?
Berikut adalah alasan paling umum dan persyaratan AdSense yang belum terpenuhi dan menjadi alasan klasik saat mereka menolak aplikasi Anda. Seluruh alasan penolakan ini sudah saya terima semua hehe.

1. Kurangnya konten / isi situs yang tidak dapat diterima - Website anda tidak memiliki cukup konten ketika tim Google meninjau situs Anda.

Google memberikan banyak penilaian dan perhatian terhadap isi blog sebelum akhirnya menerimanya. Jika konten yang ditulis dengan kualitas buruk dan memiliki kesalahan tata bahasa, Google akan menolak aplikasi blog Anda dengan segera.

Tidak hanya konten dan tata bahasa yang benar, konten tersebut juga harus unik dan harus memberikan nilai manfaat kepada pengguna dan pembaca blog. Jadi nomor satu alasan adalah konten yang ditulis dengan kualitas sekedar ada.

2. Desain blog Anda - Apa yang akan Anda lakukan jika Anda membuka halaman dengan latar belakang kuning cerah penuh dengan teks putih di atasnya, memiliki tombol besar di semua tempat? Ya, Anda akan segera keluar dari halaman tersebut.

Blog yang dirancang dengan tampilan desain jelek dan sulit bagi para pengunjung untuk memahami isinya, biasanya akan ditolak oleh Google untuk program AdSense mereka. Anda harus memiliki desain blog yang baik dan juga mampu membuat mata berlama-lama melihat tampilan web Anda.

3. Tidak ada Kebijakan privasi, Tentang kami atau Hubungi Kami - Ada beberapa halaman yang harus Anda miliki sebelum mendaftar ke Google AdSense jika Anda ingin diterima. Halaman yang dimaksud adalah Tentang kami, Kebijakan Privasi dan Hubungi Kami. Halaman ini memberikan kesan bahwa Anda adalah seorang profesional dan bahwa Anda bekerja sesuai dengan kebijakan serta aturan main Google.

4. Situs tidak sesuai dengan kebijakan Google - Tidak ada konten yang berisi informasi kepada pengunjung, unik dan bermakna, tidak ada lalu lintas organik dari search engine, halaman dengan sedikit atau tanpa konten original atau buruknya tingkat pengalaman pengguna melalui navigasi dan struktur blog. Website Anda mungkin salah satu web yang banyak mendapatkan traffic melalui sumber-sumber ilegal, situs dengan kata kunci yang berlebihan atau desain kode yang buruk biasanya akan ditolak.

Jadi sebenarnya Anda membutuhkan bimbingan dan hal lainnya yang perlu Anda lakukan sebelum melamar ke Google AdSense sebelum mengatakan bahwa Anda sudah siap menjadi seorang publisher.

10 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Mendaftar Google AdSense
 
1. Kebijakan Privasi:
Ini adalah salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan sebelum akhirnya disetujui. Meskipun ada orang-orang di luar sana yang mengatakan bahwa memiliki kebijakan privasi untuk Blog tidak masuk akal, percayalah mereka melakukan sebuah kesalahan!

Hal pertama yang Anda perlu lakukan sebelum mengajukan permohonan untuk Google AdSense dan mendapatkan persetujuan adalah kebijakan privasi blog atau website Anda. Jika Anda tidak memilikinya Anda tidak bisa mendapatkan persetujuan. Mengapa hal ini penting? Karena kebijakan privasi ini berarti Anda tidak melakukan tindakan scam dan memberikan kesan melakukan bisnis dengan serius. Google akan memeriksa web/blog Anda hanya jika Anda sudah memiliki kebijakan ini.

Privasi menjelaskan kepada pembaca tentang apa yang akan mereka dapatkan di Blog Anda, apa yang harus mereka lakukan dan apa yang mereka tidak seharusnya lakukan. Tidak terlalu sulit untuk membuat halaman kebijakan privasi. Anda dapat menulis sendiri privasi ini atau dengan menggunakan situs web generator Kebijakan privasi secara online (Anda tidak memerlukan pengacara).

2. Halaman Tentang Kami:
Sama halnya seperti kebijakan privasi, Anda juga harus memiliki halaman tentang kami atau about us sehingga terbuka peluang Anda untuk mendapatkan persetujuan. Seperti kebijakan privasi halaman Tentang kami ini juga memberikan kesan melakukan bisnis dengan serius.

Sebuah halaman Tentang kami memiliki peran besar dan penting jika Anda ingin menjadi publisher AdSense. Anda tidak akan mendapatkan persetujuan jika Anda tidak menampilkan halaman About Us. Halaman ini hanya menjelaskan tentang Anda dan Blog Anda. Hal ini tidak hanya akan membantu Anda dalam membangun sebuah hubungan dengan pembaca blog Anda tetapi juga akan membuat mereka percaya pada Anda lewat tulisan yang Anda posting.

3. Halaman Hubungi Kami:
Setiap orang memiliki pendapat / opininya sendiri. Jika salah satu atau lebih pembaca Anda tidak suka dengan apa yang Anda tulis, maka berikan kepada mereka kesempatan untuk berbicara kepada Anda dan memberitahu bagaimana perasaan mereka tentang Blog Anda, apa yang mereka ingin ubah, dan apa yang mereka sukai atau tidak sukai dari tulisan Anda.

Buatlah sebuah halaman hubungi kami, jika mungkin menambahkan email profesional Anda di sana seperti info@namablogkamu.com dan juga link ke situs media sosial Anda. Dengan membuat halaman ini sama artinya Anda mengatakan kepada Google bahwa kita peduli bagi suara pelanggan kita, komentar para pengunjung dan kita siap untuk membantu mereka sebab mereka dapat menghubungi kita setiap saat.

Hal ini juga akan menampilkan Tim Google AdSense yang melihat situs Anda bahwa Anda benar-benar peduli tentang pembaca Anda dan tidak hanya memikirkan tentang uang dan AdSense saja.

4. Nama Verifikasi / Email:
Ketika Anda mengirim aplikasi untuk menjadi publisher Google Adsense, jangan lupa untuk menempatkan nama Anda dan alamat Email aktif di beberapa halaman yang mudah terlihat seperti Tentang Kamu dan halaman Hubungi Kami. Ini akan mengkonfirmasi ke Tim Google AdSense bahwa nama itu adalah orang yang sama yang mendaftar untuk AdSense dan bukan spam atau bots. Hal ini akan membantu Google dalam proses verifikasi.

5. Verifikasi Umur:
Ini adalah kesalahan yang paling sering dialami oleh blogger yang masih muda dengan membuat aplikasi namun usia mereka masih kurang dari 18 tahun. Mereka menuliskan usia yang tidak benar dan akhirnya mendapat masalah dengan tidak diterima menjadi publisher.

Gunakan tanggal lahir dan usia yang benar untuk account Google AdSense Anda.

Karena Google AdSense bukan untuk orang-orang yang berada di bawah 18 tahun. Beberapa orang menyadari masalah ini setelah ditolak beberapa kali tanpa alasan yang sah. Jadi saya menyarankan Anda untuk jujur mengakui berapa usia Anda saat melamar Adsense.

6. Minimum Jumlah Posts:
Apakah ada batasan jumlah minimum posting sebelum mendaftar untuk Google AdSense? Tidak ada jawaban yang dikonfirmasi.

Karena saya telah melihat Blog yang sudah berisi dengan 400 + postingan dan si pemilik blog mengatakan bahwa Google AdSense masih juga menolak mereka sementara di suatu kasus lain blogger dengan 40 - 50 postingan sudah mulai menghasilkan uang dari Adsense.

Apa yang ingin saya katakan sebenarnya adalah bahwa tidak ada jawaban yang pasti mengenai berapa jumlah minimal postingan blog untuk mendaftar Adsense. Namun, menurut pengalaman saya, Anda hanya harus mendaftar GA setelah blog Anda memiliki lebih dari 50 posting. Panjang tulisan harus 500+ kata juga dengan kualitas konten yang baik.

7. Desain blog / template / theme:
Seperti disebutkan sebelumnya, desain blog Anda mencerminkan banyak hal. Desain web haruslah profesional dan tidak seperti galeri foto yang berantakan. Desain yang bersih, profesional dan cerdas akan dihargai oleh Tim Google.

Desain blog Anda adalah hal terbesar setelah konten. Ini merupakan cerminan dari keahlian Anda, pengalaman dan profesionalisme dalam bisnis marketing. Jadi hati-hati karena apa pun bisa menggagalkan kesempatan Anda untuk mendapatkan persetujuan dari AdSense. 

8. Jenis isi blog / situs:
Hati-hati dengan jenis konten yang Anda terbitkan. Karena postingan adalah sesuatu yang benar-benar penting untuk menjadi bahan tinjauan.

Google AdSense bukan untuk konten pornografi, konten bajakan, barang-barang ilegal, obat-obatan terlarang atau blog lain dengan isi seperti itu. Tim AdSense tidak akan bersedia untuk menerima Anda jika menggunakan bahasa yang tidak didukung. Jika blog memiliki postingan lebih sedikit dari 200 kata panjangnya juga akan mendapatkan peringatan.

9. Memberikan manfaat kepada visitor:
Google mencintai blog yang memberikan nilai lebih pada konten mereka dan dibuktikan dari tingkat kepuasan pengunjung dan pelanggan mereka saat membaca informasi yang diberikan blog itu. Jadilah penulis yang dengan tulus memberikan informasi bermanfaat kepada pengunjung Anda dan jangan pernah mencoba untuk melakukan tindakan scam atau penipuan hanya untuk mendapatkan traffic yang berlimpah.

10. Top Level Domain:
Jika Anda memang serius dalam menggeluti dunia blogging, belilah top domain seperti .com untuk alamat blog Anda. Pilihlah domain yang singkat dan mampu menggambarkan isi dari situs Anda. Meskipun saat ini Adsense masih membuka peluang untuk mendaftar dengan menggunakan blogspot dan wordpress.com. Satu lagi yang tidak kalah perlu, yakni usia blog minimum 6 bulan. Jadi jika blog Anda belum berusia lebih atau sama dengan 6 bulan, lebih baik tunda dulu untuk mengajukan permohonan menjadi publisher GA. Baca juga: 5 Tips Memilih Nama Domain

Saran saya ketika Anda sudah mengajukan permohonan untuk AdSense:
Proses persetujuan membutuhkan waktu bisa sampai seminggu dan jangan bersedih jika Google akhirnya tidak menerima blog Anda. Mungkin masih ada kesempatan di masa depan dan masih banyak cara untuk menghasilkan uang secara online. Cobalah untuk menghasilkan uang melalui blog dari model bisnis lainnya. Jaringan iklan tidak akan memberikan hasil sebanyak model bisnis lainnya seperti pemasaran afiliasi dan menjual produk milik Anda sendiri. Tetap semangat dan selamat berjuang kawan !

Jika belum waktunya Anda menjadi publisher GA, mungkin Situs PPC Adsense Indonesia lainnya bisa Anda coba. Namun jangan lupa untuk mengikuti aturan main dari situs market ads tersebut agar akun Anda berumur panjang.

Berikan Penilaianmu Terhadap Artikel ini :
Rating: Skala 1 - 5


© Majalah Siantar | All Rights Reserved.


Share on Google Plus

About Erick Prakoso

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.