Cara Agar Browser Selalu Menggunakan Google.com dan Menghentikan Redirect ke Situs Google Sesuai Lokasi Pengguna

Bagi kita pengguna mesin pencari Google, tentunya kamu pasti sering menuju www.google.co.id meskipun Anda mengetik google.com pada adress bar. Biasanya para pengguna tidak terlalu mempermasalahkan hal ini, yang penting sama-sama google hehehe.

Namun hal ini bukan terjadi pada warga Indonesia saja, setiap negara lain juga mengalami hal yang sama ketika mereka mulai membuka laman google.com maka akan dialihkan menjadi domain google sesuai dengan negara tempat pengguna.

Cara Agar Browser Selalu Menggunakan Google.com dan Menghentikan Redirect ke Situs Google Sesuai Lokasi Pengguna
Mesin Pencari Google

Ternyata, hal serupa juga berlaku dan terjadi bagi pengguna yang menggunakan akses VPN. Jadi bagaimana caranya jika Anda ingin browser tetap menampilkan hanya situs google.com yang tanpa adanya intervensi dari lokasi yang kita gunakan untuk mengakses google ? Apakah ada cara yang bisa Anda lakukan tanpa terus-menerus mengklik "gunakan Google.com" pada bagian kanan bawah situs Google ? Nah, jika Anda sedang memiliki waktu senggang atau lagi istirahat, maka kali ini adalah waktu yang tepat untuk Anda bagaimana mempelajari caranya.

Mencegah Google mengarahkan ke situs negara khusus sesuai negara lokasi Anda.


Pengaturan Pada Google Chrome

Jika Anda ingin mengatur Google.com sebagai situs Anda dan tidak akan diredirect menuju situs Google.co.id, Google.ca, Google.kr atau Google.co.uk, silahkan membuka laman ke pengaturan browser Anda (ketik "chrome://settings" pada pengaturan di alamat address bar browser chrome anda) lalu klik "Tampilkan Tombol Beranda" di bawah menu "Tampilan".

Setelah selesai, klik "Ubah" sesaat kemudian akan muncul sebuah kolom kecil. Pilih option "Buka halaman ini" lalu ketik "https://www.google.com/ncr" bukan hanya mengetik google.com saja atau domain google pada negara lain sejenisnya. Istilah "ncr" pada kasus ini menerangkan singkatan dari "No Country Redirect" jadi jika Anda menyertakan ini pada URL, Google tidak akan menentukan di negara mana Anda tinggal sehingga Anda tidak akan diarahkan lagi ke google.co.id atau di negara manapun Anda sedang membuka situs Google. Biasanya Google menentukan lokasi Anda dan mengarahkan ke situs mereka yang tersedia di negara Anda berdasarkan alamat IP Anda.

Atau, jika Anda tidak ingin menggunakan Google.co.id sebagai situs pencarian di browser Anda, Anda dapat cukup ketik "google.com/ncr" pada address bar Anda secara langsung. Jika Anda melakukan ini, Anda akan secara otomatis dibawa ke halaman biasa yakni Google.com dan Anda dapat dengan segera memulai pencarian Anda seperti biasa.

Pada browser web lainnya (ex. Firefox, Internet Explorer, dll)

Prinsip yang sama berlaku untuk browser web lainnya. Hanya mengganti atau memperbarui link untuk homepage browser Anda dengan link "No Country Redirect" Google dan trik ini berlaku pada Internet Explorer juga jika Anda masih menggunakannya.

Sekarang, perlu diingat bahwa salah satu alasan utama mengapa Google mengarahkan Anda ke halaman khusus sesuai dengan negara tempat Anda berada adalah untuk memberikan Anda hasil pencarian yang paling relevan sesuai dengan kata kunci pencarian Anda.

Salah satu contoh fungsi dari penggunaan no redirect ini adalah ketika Anda menggunakan mesin pencari saat ingin mengetahui update cuaca terbaru. Jika Anda menggunakan "No Country Redirect", Anda hanya akan mendapatkan deskripsi ramalan cuaca hari ini secara umum. Jika Anda berada di halaman spesifik Google sesuai negara Anda, selain dari hasil pencarian umum, mesin pencari juga akan menyediakan informasi kepada Anda dengan situs info cuaca sesuai dengan tempat tinggal Anda. Namun, semua ini tergantung pada kebutuhan Anda sendiri. Semoga informasi ini membantu.


Share on Google Plus

About Erick Prakoso

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.