Cara Cepat Membuat Server Hosting Sendiri

Cara Cepat Membuat Server Hosting Sendiri
Cara Cepat Membuat Server Hosting Sendiri

Cara Membuat Server Hosting Sendiri - Sebuah server web adalah software yang terus beroperasi pada komputer kita dan memungkinkan komputer lain di seluruh dunia yang terkoneksi dengan internet untuk men-download dokumen dari PC yang bertindak sebagai web server. Artikel ini pun bisa Anda baca karena koneksi internet dari perangkat yang Anda gunakan terhubung dengan web server majalahsiantar.blogspot.com sehingga laman ini bisa dimuat di browser Anda. Web server yang kita ketahui identik lemari yang terbuat dari besi, panjang, ditempatkan di ruangan ber-AC serta selalu hidup. Nah, jika Anda tertarik untuk membuat server hosting sendiri, sebenarnya kamu bisa membuat satu server dan menjalankannya dari rumah / kamar Anda. Baca juga: Cara Membuat Website dengan Wordpress - Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog Sendiri

Mengapa kamu ingin membuat sebuah web server di rumah? Mungkin saja ingin men-download file yang ada di folder komputer rumah Anda dari mana saja. Seperti contoh, misalnya koleksi musik favorit Anda. Dalam kasus seperti ini kita akan menyiapkan sebuah web server di rumah yang memungkinkan siapa saja (dengan menggunakan password yang sudah disetting sebelumnya) dapat terhubung ke komputer Anda dan men-download file MP3 sebebasnya, cara ini termasuk langkah yang efektif untuk berbagi koleksi musik favorit Anda dengan teman-teman, atau memutar lagu dari komputer di rumah Anda untuk mencairkan suasana kerja di kantor bersama rekan-rekan. Keren kan ? Tapi bagaimana caranya ?

Penting untuk diketahui: Menjalankan server pada komputer di rumah Anda adalah pekerjaan dengan segudang resiko, dan sebelum Anda mulai melakukannya, pastikan perangkat komputer Anda sudah di update dengan patch keamanan terbaru agar tidak mudah dibobol orang yang seharusnya tidak memiliki akses untuk melihat atau memodifikasi file yang Anda miliki di komputer rumah, pastikan juga Anda telah melakukan scanning dengan antivirus agar menjaga supaya tidak ada spyware dan virus yang menginap di PC kamu. Sebenarnya tutorial ini ditujukan untuk pengguna dengan motivasi keingintahuan yang tinggi karena harus menguasai setidaknya beberapa pemrograman dan kode localhost sebab kita akan menggunakan port 80 pada komputer rumah terhubung ke internet. Sekali lagi harap memastikan bahwa firewall yang kuat dan pengaturan keamanan lain sudah terintegrasi dengan baik. Masih tertarik dengan cara membuat server hosting ini ?. Berikut ulasan selengkapnya.

Yang kita perlukan untuk melakukan percobaan cara membuat server hosting ini :

1. Sebuah perangkat komputer dengan OS Windows
2. Koneksi internet unlimited (boleh juga dengan modem dsl)

Langkah Pertama. Install Apache HTTP server.

Hal yang pertama dan utama Anda wajib menonaktifkan dan menghentikan software firewall atau server lain yang mungkin sedang aktif, termasuk Windows Firewall, Skype, Trillian atau aplikasi pesan instan lainnya. Hal ini sangat penting, dan jika tidak dilakukan, dapat menyebabkan instalasi server dan startup gagal total. Program-program dan layanan seperti yang sudah disebutkan diatas dapat dimulai dan digunakan lagi seperti biasa setelah kita selesai menyiapkan sebuah web server.


Download Apache HTTP Server disini, setelah mengunjungi laman tersebut, pilih "Win32 Binary (MSI Installer)." Mulai melakukan instalasi. Anda harus menerima perjanjian lisensi dan menggunakan lokasi default untuk file Apache, di C:\Program Files\Apache Software Foundation\Apache2.2\

Ketika Anda mencapai laman yang meminta untuk mengisi informasi server, masukkan alamat email Anda sendiri dan homeip.net sebagai informasi domain sementara, contohnya: MajalahSiantar.NET Informasi Terkini Kota Siantar.

Selesaikan proses instalasi dengan menggunakan setelan "Typical installation".

Setelah selesai, buka web browser dan buka alamat http://localhost/. Jika halaman yang Anda buka tertulis seperti ini, "If you can see this, it means that the installation of the Apache web server software on this system was successful," berarti semua proses instalasi sudah berhasil dilakukan.

Langkah Kedua. Konfigurasi Apache untuk berbagi dokumen dari folder yang diinginkan.

Katakanlah Anda ingin agar folder yang berisi koleksi musik favorit Anda bisa didownload dengan menggunakan web server baru milik Anda sendiri, dan semua file musik Anda itu berada di C:\FBI\MyMusic. Dengan menggunakan aplikasi Notepad, buka file C:\ProgramFiles\ApacheGroup\Apache2\conf\httpd.conf. Ini adalah file konfigurasi Apache, memang agak sedikit panjang dan membingungkan, namun sebagian besar setelan dasar berfungsi dengan baik untuk web server baru Anda. Kamu hanya perlu mengubah sedikit saja.

Dalam file httpd.conf ini, komentar pada baris yang dimulai dengan DocumentRoot ditambah dengan direktori Anda, contohnya menjadi seperti ini:

#DocumentRoot "C:/ProgramFiles/Apachegrup/Apache2/htdocs"

DocumentRoot "C:/FBI/MyMusic"

Kemudian, isikan pada baris yang dimulai dengan Directory "C:/Program... dan tambahkan dengan direktori milik Anda, contohnya menjadi seperti ini:


#
.directory htdocs="" pache2="" pachegroup="" rogramfiles="".

.directory music="" y="".

ganti . dengan < dan >

sekitar 20 baris kode dibawahnya Anda akan menemukan barisan kode seperti ini:

AllowOverride None

ubah menjadi :

AllowOverride All

cara membuat web dengan hosting dan domain gratis - Setelah selesai, simpan file httpd.conf tadi. Kemudian, klik pada icon Apache di taskbar dan pilih "Restart." Jika Apache restart berhasil, Anda sudah berhasil mengedit file dengan benar. Kunjungi http://localhost/ di web browser Anda. Jika langkah yang Anda ikuti sudah benar, maka Anda akan melihat daftar file musik Anda dari web browser. Apa sudah selesai membuat server hosting sendiri ? Belum, lanjutkan langkah berikutnya seperti dibawah ini :

Langkah Ketiga. Berikan Password untuk mengakses file dokumen Anda.

Tentu saja kita tidak mau ada sembarangan orang dapat men-download file musik Anda. Hal ini dikarenakan Bandwidth akan terkuras, dan kita ingin mengamankan file ini dengan cara membuat password yang cepat dan tepat.

Pertama, buka command prompt (pergi ke menu Start, pilih Run, lalu ketik cmd.) Pengubahan ke direktori Apache bin dapat dilakukan dengan mengetikkan:

cd "C:\Program Files\Apache Software Foundation\Apache2.2\bin"

Setelah itu, buatlah sebuah password dengan mengetikkan :

htpasswd -c "C:\DocumentsandSettings\FBI\my_password_file.txt" fbi

cara membuat web dengan hosting gratis - Ganti dengan alur file untuk mengubah password baru Anda (harus yang di folder KECUALI root web server dokumen.) Ganti fbi dengan nama pengguna yang ingin Anda gunakan. Bila diminta, masukkan password sesuai keinginan. Setelah Anda mensetting password, file password akan dibuat secara otomatis.

Sekarang kita ingin mencoba akses login yang sudah dibuat tadi ke direktori musik. Bukalah file baru dalam editor teks biasa seperti aplikasi Notepad. Copy dan paste kode berikut ke dalamnya:

AuthType Basic
AuthName "This is a private area, please log in" 

AuthUserFile "c:\Documents and Settings\Gina\my_password_file.txt"
AuthGroupFile /dev/null 

require valid-user


Catatan: Jika Anda menggunakan Notepad untuk membuat file .htaccess Anda, ketika Anda menyimpan file, pastikan menulis dengan tanda kutip nama file - ".htaccess" - sehingga Notepad tidak secara otomatis menempatkan ekstensi .txt pada file. Jika ada ekstensi file .txt, password Anda tidak akan berlaku. cara buat web file hosting sendiri

Sekarang, dengan menggunakan web browser Anda, pergi ke http://localhost/. Anda akan diminta untuk login. Masukkan username dan password Anda sesuai yang sudah diatur tadi.

Langkah Keempat. Selamat Kini Anda Web Server Sendiri.

Jika web server baru Anda tidak di dukung oleh firewall, Anda dapat mengakses server web Anda dari komputer lain dengan mengetikkan alamat IP komputer Anda ke address bar web browser. Jika Anda tidak tahu apa IP Anda, kunjungi whatismyipaddress secara online untuk mengetahuinya. Jika IP Anda adalah 31.232.2.240, ketik saja http://31.232.2.240 ke address bar di browser ini.

Jika terhubung dengan firewall, maka Anda harus membuka port 80 pada firewall dan meneruskannya ke file di komputer Anda. Semoga membantu bagi Anda yang mencoba membuat server hosting sendiri di rumah.
Share on Google Plus

About Erick Prakoso

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.