Cara Membuat Radio Streaming Online

Jadi, ceritanya Anda ingin menjadi penyiar radio nih ? Bagus! Beruntung bagi Anda karena dengan perkembangan teknologi canggih saat ini memungkinkan setiap orang untuk melakukan apa yang pernah terbatas pada sebagian kecil orang kini Anda bisa menjadi seorang penyiar, Anda bisa merekrut penyiar atau bahkan Anda juga bisa menjadi Direktur Program yang memutuskan apa yang harus disiarkan ke seluruh penjuru dunia - berkat Internet tentunya.

Sebelum memulai membuat radio streaming sendiri secara online, ada beberapa ilmu dasar yang perlu dikuasai sebelum membuat atau menciptakan radio streaming internet dan yang mana yang akan Anda pilih nanti tentunya bergantung pada tujuan Anda dan jenis cara membuat yang bagaimana yang ingin Anda lakukan nantinya.


cara membuat radio streaming
Cara Membuat Radio Streaming Online

Jika Anda benar-benar terinspirasi untuk memulai sebuah stasiun Radio berbasis internet yang beroperasi untuk tujuan keuntungan dan pendapatan yang bisa menghasilkan dari waktu ke waktu misalnya, maka tujuan Anda akan berbeda dari dari orang yang hanya ingin mengatur siaran dengan maksud hanya berbagi musik favoritnya ke orang banyak atau dengar jejak pendapat tentang sesuatu hal dan dibagikan kepada teman atau orang yang suka berpikiran pada topik yang sama.

Ada beberapa cara untuk membuat radio streaming online dan banyak variasinya khusus untuk pemula yang membutuhkan pengetahuan apalagi belum memiliki ilmu teknis yang memadai. Jika Anda dapat membuat atau menyusun file MP3, kemudian di upload dan memilih beberapa fitur lainnya, hanya dengan ilmu sebatas itu saja Anda sudah dapat menjangkau pemirsa dimanapun berada.

Jadi, teruskan membaca karena Anda akan memasuki dunia radio online.

Live365.com – Mudah dan Terjangkau
Live365 adalah penyedia perdana aliran independen radio internet berbasis web. Apa yang Live365 lakukan adalah bertindak sebagai "pemancar" radio milik Anda. Mereka telah membangun infrastruktur untuk memungkinkan ribuan stream audio menggunakan server mereka untuk membuat siaran radio internet sederhana pertama kali. Sangat mudah untuk memulai penyiaran dengan mereka dan kemudahan juga terasa bagi para pendengar untuk mendengar siaran Anda. Live365 juga menawarkan beberapa pilihan dalam produknya.

Stasiun Radio Pribadi
Live365.com menawarkan paket untuk "stasiun radio pribadi" dan "stasiun radio profesional". Apabila Anda memiliki stasiun pribadi, tentu saja Anda dapat menyiarkan musik favorit Anda atau berbicara secara online untuk jumlah terbatas namun dengan harga yang relatif kecil.

Paket untuk stasiun pribadi mulai serendah $ 4,00 / bulan ada juga biaya $ 99,95 / bulan. Semakin mahal paket, semakin besar ruang server Anda menerima lebih banyak pendengar secara bersamaan serta mampu mendengarkan streaming Internet Anda secara online. Ditambah: Live365.com membayar semua biaya royalti kepada organisasi seperti SoundExchange, BMI, ASCAP, dan SESAC.

Ada enam paket siaran Pribadi. Live365.fom mengatakan yang paling populer adalah "Paket Gold" di kisaran harga mencapai $ 29,95 / bulan. Dengan paket tersebut, Anda akan menerima 28K kualitas suara, 1GB Storage, kemampuan untuk 60 orang mendengarkan radio milik Anda pada saat yang bersamaan (di Basic Mode) atau 30 Pendengar Live Mode, pendengar VIP terbatas, dan kemampuan untuk meng-upgrade paket layanan setiap saat kapan saja Anda inginkan. Live365.com sudah menjadi solusi termudah bagi kebanyakan orang. Perusahaan ini menyediakan perangkat lunak yang sangat baik untuk membantu Anda membuat stasiun radio streaming dan melakukan semua usaha berat untuk mendirikan radio Anda untuk pertama kalinya.

Yang menjadi kewajiban Anda agar sukses adalah kreatif!

Info tambahan: kini layanan tersebut memberikan gratis percobaan radio sendiri selama 7 hari.

Stasiun Radio Profesional
Live365 dengan paket profesional Broadcasting Servces memungkinkan Anda untuk membuat aliran radio secara live atau bisa juga pra-rekaman, tujuannya tidaklain tidak bukan adalah untuk memperoleh pendapatan melalui iklan di situs online radio milik Anda sendiri, menempatkan link ke stasiun Anda di situs web Anda sendiri dan streaming melalui software populer seperti Windows Media, iTunes, Winamp, dan masih banyak lagi.

Harga untuk paket profesional diberitahukan kepada Anda saat menghubungi Live365.com. Menurut situs web mereka: "Live365 menawarkan cakupan royalti / lisensi penuh untuk SoundExchange, ASCAP, BMI dan SESAC stasiun Anda mendapatkan distribusi yang luas termasuk Live365.com (status stasiun disukai), iTunes Radio (128k stasiun saja), Mobile Apps (iPhone,. Android), TiVo dan banyak lagi. Menurut situs Live365, hal tersebut merupakan "... layanan radio internet hanya yang menawarkan lisensi musik penuh untuk stasiun dan situs." Dengan kata lain , jika Anda menjalankan sebuah stasiun dengan musik, Anda membayar biaya untuk Live365.com dan kekhawatiran tentang layanan pembayaran royalti. paket profesional mulai dari $ 99 / bulan (untuk radio talk) dan $ 107 / bulan untuk stasiun musik.

Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna disiarkan langsung setiap saat untuk ubroadcast pendengar atau meng-upload musik MP3 dan WAV file, iklan, dan konten pra-rekaman lain untuk bermain di stasiun ubroadcast mereka 24 jam sehari. "Stasiun Manager" dirancang untuk digunakan oleh seseorang yang tidak memiliki pengalaman siaran sebelumnya.

Jika Anda ingin mengatur siaran dan tidak ingin membayar biaya kepada pihak ketiga untuk menjadi tuan rumah situs streaming radio internet Anda – dan yang akan Anda lakukan berikutnya adalah melakukannya sendiri - Anda mungkin tidak begitu mengerti akan tata cara membuat sendiri secara online stasiun radio Anda dengan menggunakan komputer pribadi Anda untuk membuat dedicated server agar bisa melancarkan pekerjaan tersebut.

Beberapa pilihan perangkat lunak yang mungkin bisa dicoba antara lain:

Quicktime Streaming Server
Apple.com mengatakan: "Apakah Anda ingin menambahkan media streaming ke situs web Anda, memberikan pembelajaran jarak jauh atau menyediakan konten yang kaya untuk pelanggan mobile Anda, Mac OS X Server memiliki semua alat yang Anda butuhkan QuickTime Streaming Server memungkinkan Anda memberikan hidup. atau konten rekaman secara real time melalui Internet. " Anda dapat mengetahui lebih lanjut di apple.com.

Penyiar Quicktime
Apple.com menulis: "Menggabungkan kekuatan QuickTime dengan mudah dengan penggunaan Apple, QuickTime Penyiar memungkinkan setiap orang hanya akan menghasilkan acara siaran secara langsung." Anda bisa mendownload software ini dengan mengunjungi laman apple.com

Peercast
Peercast.org adalah situs non-profit yang menyediakan perangkat lunak bebas peer-to-peer penyiaran.

"PeerCast adalah layanan sederhana, cara terbebas untuk mendengarkan radio dan menonton video di Internet. Menggunakan teknologi P2P untuk membiarkan siapa pun menjadi penyiar tanpa biaya streaming tradisional," menurut situs peercast.org.

Icecast
Icecast adalah "perangkat lunak server gratis untuk streaming multimedia." Download salinan selengkapnya dari icecast.org.

Andromeda
Andromeda adalah perangkat lunak pengiriman-on-demand. "Andromeda scan MP3 dan menyajikan layanan sebagai situs Web dengan fitur lengkap. Itu berarti Anda hanya menambahkan, memindahkan, mengubah nama, dan atau menghapus file dan folder untuk memperbarui isi situs Anda dengan bantuan Andromeda. 

Kegiatan ini bisa dilakukan semudah drag dan drop lalu streaming pun dimulai," hal ini dikatakan sejalan dengan apa yang tertulis di turnstyle.com di mana Anda dapat men-download informasi lebih lengkap. Masih banyak layanan lain yang bisa digunakan untuk memantapkan niat Anda dalam membuat radio streaming, semoga usaha Anda berjalan dengan lancar. Baca juga ulasan lainnya dari Majalah Siantar tentang cara membuat masker dari bahan alami.



Berikan Penilaianmu Terhadap Artikel ini :
Rating: Skala 1 - 5


© Majalah Siantar | All Rights Reserved.


Share on Google Plus

About Erick Prakoso

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.