Cara Membuat Website dengan Wordpress

Cara Membuat Website dengan Wordpress - Bisnis apapun saat ini memang sangat bagus bila dikembangkan dengan memiliki website yang akan melejitkan usaha Anda secara penuh 24 jam sehari 7 hari dalam seminggu. Tidak heran sudah banyak yang tertarik untuk bisa mengetahui cara membuat website sendiri sehingga bisa memangkas biaya untuk pembuatan website apalagi masih merintis usaha baru.

Kabar gembiranya saat ini sudah banyak website buildier yang disediakan oleh perusahaan web host ketika kita melakukan order hosting ditempat mereka. Dengan fasilitas ini, Anda bisa membuat sebuah website elegan dalam waktu kurang dari 5 menit. Kegiatan ini pun bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun baik yang tidak mengerti kode html atau php sama sekali karena tinggal mendrag and drop widget dan dengan teknik penyusunan yang diinginkan, jadilah sebuah website untuk bisnis Anda. Sebelumnya saya sudah menulis bagaimana cara membuat blog dari blogger.com. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca secara gamblang di artikel Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog Sendiri.

Jika sampai hari ini Anda masih juga belum mengetahui cara membuat blog dari blogger, mungkin kini saatnya Anda mencoba membangun sebuah website berbasis CMS Wordpress. Tentu saja, Anda harus mengenal Wordpress terlebih dahulu. CMS ini dibedakan menjadi 2. Yakni satu versi gratis dan satu lagi bisa Anda gunakan di cpanel akun hosting Anda atau biasa disebut dengan Wordpress selfhost. Anda bisa mendownload versi terbaru dari Wordpress dengan mengunjungi laman resmi mereka di www.wordpress.org

Apabila Anda belum memiliki sebuah akun hosting dan ingin sekedar mencoba membuat website dengan wordpress versi gratisan, maka wordpress.com adalah jawaban dari permasalahan Anda. Namun saya sarankan lebih baik Anda bermodal sedikit untuk membeli sebuah domain dan hosting untuk bisnis Anda supaya lebih terlihat profesional di mata calon pelanggan serta memberikan prospek yang cerah demi masa depan bisnis yang Anda geluti nanti.

Kali ini saya akan menuntun Anda dari langkah pertama membuat website dengan cms wordpress, namun khusus untuk artikel ini kita hanya akan membuat website yang sederhana saja, sebab untuk cara membuat website online shop akan kita bahas secara terpisah. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar terlebih dahulu untuk menentukan domain yang Anda inginkan di wordpress.com. Anda akan mengisi data yang diperlukan dan domain web kamu akan menjadi seperti ini: contohwebmu.wordpress.com.

cara membuat website dengan wordpress
Tampilan Wordpress.com

Dalam hal ini, saya anggap Anda sudah memiliki sebuah e-mail aktif yang akan kita gunakan untuk mendaftar di layanan wordpress.com. Silahkan mengunjungi laman berikut ini untuk mulai membuat website baru Anda: https://signup.wordpress.com/start/id/?step=step-home.


langkah pertama membuat website dengan wordpress
Mulai menentukan domain situs wordpress Anda

Buatlah nama situs Anda yang sesuai dengan nama bisnis yang sedang Anda jalani saat ini. Banyak orang selalu salah dalam menentukan nama domainnya, pilih juga nama domain yang mengandung kata kunci yang menggambarkan keseluruhan dari website Anda. Untuk lebih jelasnya, saya sarankan untuk membaca artikel 5 tips memilih nama domain.

cara ketiga membuat website dengan wordpress
Pilihan optional yang disediakan oleh wordpress.com
Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, wordpress.com meskipun gratis akan selalu menawarkan layanan untuk membuat penggunanya memesan domain dengan top level domain, namun jangan khawatir bagi Anda yang membuat website sebagai pemula, karena kita bisa meneruskan langkah selanjutnya tanpa harus memesan dengan biaya yang terpampang itu. Wordpress.com juga membatasi jumlah space yang bisa kita gunakan jika menggunakan layanan mereka. Apabila kita membutuhkan space yang lebih dari yang sudah ditetapkan, tentu kita harus membayar lagi. Namun jika tujuan Anda untuk ngeblog saja, saya pikir space yang disediakan untuk akun gratisan sudah lebih dari cukup.

Nah, demikian tadi cara mudah membuat website dengan menggunakan wordpress. Setelah tahap ketiga selesai Anda akan diminta untuk memverifikasi e-mail yang kamu gunakan untuk mendaftarkan domain sehingga user dianggap valid. Banyak template gratisan yang cukup bagus desainnya yang bisa kamu gunakan sebagai tampilan default website baru kamu. Jangan lupa untuk membaca juga artikel sebelumnya mengenai tutorial lengkap cara membuat website dengan blogger.
Share on Google Plus

About Erick Prakoso

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.