Cara Mudah Menghemat Kuota Data Internet

Cara Menghemat Kuota Data Internet - Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa zaman sekarang sudah banyak masyarakat yang menggunakan smartphone. Tentu saja dengan fitur yang lebih memanjakan para penggunanya, para pengguna ponsel cerdas ini akan selalu update dengan berbagai situs media sosial seperti facebook, twitter dan instagram misalnya.

Nah, kebutuhan akan internet memang semakin tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, tidak sedikit para pengguna smartphone akhirnya memilih untuk menggunakan paket data unlimited yang disediakan beberapa provider yang ada di Indonesia.

Masalahnya muncul ketika banyak para pengguna smartphone yang selalu membutuhkan koneksi internet untuk selalu eksis, hanya memiliki informasi tentang cara membuat agar paket data tidak cepat habis sebelum masa berlakunya berakhir.

Tidak jarang banyak yang kecewa karena data paket mereka habis sebelum waktunya karena penggunaan data yang tidak diminimalisir. Hal ini disebabkan banyak yang mendownload file game dan bermain game mobile secara online tanpa adanya dukungan koneksi dari Wi-Fi.

Jika terlalu sering melakukan hal ini, bisa dipastikan paket data smartphone Anda akan lebih cepat habis. Namun jangan khawatir, karena masih ada cara cerdas dan juga mudah untuk dipraktekkan demi menghemat kuota data internet smartphone Anda.

Dibawah ini ada 3 cara ampuh menghemat kuota paket data internet sehingga tidak perlu mengeluarkan data yang sebenarnya tidak perlu dihabiskan. Berikut ini informasi selengkapnya :

1. Mengubah fitur `Maps` ke Mode Offline

Banyak pengguna smartphone tidak menyadari bahwa fitur ini ternyata menguras data internet. Hal ini dikarenakan Maps menggunakan layanan GPS yang menguras data internet, baik saat digunakan maupun tidak. Karena posisi Anda yang selalu berubah-ubah sehingga koneksi maps tetap berjalan meskipun Anda tidak terlalu membutuhkannya.

Cara Mudah Menghemat Kuota Data Internet
Mengubah fitur `Maps` ke Mode Offline
Bagi pengguna Android, buka aplikasi Maps, cari setelan `Save map to use offline` dan pilih pilihan save untuk berpindah ke mode offline. Rata-rata bagi smartphone lainnya, Anda hanya perlu mengubah mode ke flight mode.

2. Default Aplikasi `Mailbox`

Email merupakan aplikasi yang juga boros dalam penggunaan data. Karena fitur email ponsel cerdas kita akan mengunduh dan mengunggah attachment dengan data yang cukup besar sehingga cepat atau lambat akan menguras data juga. Nah, untuk mengakalinya, khusus pengguna iOS dan Android tentunya bisa mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang tersedia di kedua perangkat tersebut. Sehingga tidak akan menyedot data saat Anda tidak menggunakan email.

Cara Mudah Menghemat Kuota Data Internet
Default Aplikasi `Mailbox`

3. Gunakan Browser Irit Data

Tidak semua aplikasi dari pihak ketiga tidak bisa diandalkan, sebut saja seperti Opera Mini yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data Anda secara primer dengan mengompres website yang Anda kunjungi. Aplikasi browser ini akan menolong Anda untuk menghemat kuota daripada aplikasi browser default.

Cara Mudah Menghemat Kuota Data Internet
Gunakan Browser Irit Data

Opera Mini juga memiliki opsi untuk menyimpan data secara offline, sehingga Anda tetap bisa membuka halaman statis ketika Anda sedang tidak terhubung ke internet, biasanya halaman ini sudah terlebih dahulu di bookmark.

Masih sering kebobolan paket data yang habis lebih cepat ? Mungkin Cara Mudah Menghemat Kuota Data Internet diatas bisa Anda terapkan di smartphone Anda. Selamat mencoba.

Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.