Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog Sendiri

Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog Sendiri | Majalah Siantar - Apabila pada zaman digital seperti sekarang ini Anda masih juga belum mengetahui cara membuat blog gratis milik sendiri atau untuk tujuan pribadi, tidak perlu canggung. Sebab memang tidak semua membutuhkan blog, bahkan ada yang sama sekali tidak butuh blog karena hal ini tergantung dari kepribadian seseorang itu sendiri. Sama halnya bila teman Anda menyukai batu akik, sementara Anda tidak suka sama sekali, tidak ada yang salah dalam hal tersebut. Semua ini tergantung selera saja. Namun, bedanya dengan blog, Anda bisa mengabadikan ilmu yang Anda miliki sehingga sedikit banyaknya Anda sudah membantu orang lain yang sedang membutuhkan informasi yang berasal dari ide cemerlang Anda. Ide tersebut tidak harus jenius, artikel sederhana tentang kesehatan misalnya, dimana kamu memang suka mengulas bagian tersebut. Begitu luasnya topik kesehatan, bisa lebih di spesifikkan menjadi cara-cara mengobati demam. Nah, jika Anda mau menuliskannya di blog dan berbagi tips kepada seluruh dunia, tentu saja pahala Anda semakin bertambah. Jika tujuan Anda ingin mengkomersilkan blog, juga bisa. Blog merupakan media kepada seseorang untuk menunjukkan jati dirinya kepada seseorang, namun jangan ada unsur pamer tentunya, karena hal itu tidak baik.

Banyak yang meminta untuk dibuatkan artikel mengenai bagaimana cara membuat blog di wordpress. Bisa, semua bisa dijelaskan. Tapi saya pikir ada baiknya jika dipisah saja. Kali ini kita akan membahas cara membuat blog di blogspot. Bagi yang ingin membuat di wordpress bisa searching di tempat lain mungkin. Meskipun akan saya tulis versi saya sendiri. Blogger.com menjadi tempat untuk login ke dashboard blog Anda jika membuat blog gratisan dengan alamat domain namablogkamu.blogspot.com. Jadi, untuk bisa masuk ke akun Anda di blogger, gunakanlah e-mail dari Google juga, silahkan buka Gmail.com. Sebelum membuat blog keren di blogger, kali ini saya ajak Anda untuk membuat akun gmail terlebih dahulu. Simak tutorialnya seperti dibawah ini :

Cara Membuat Akun Gmail Sendiri
Cara Membuat Akun Gmail Sendiri

1. Jika Anda membuka Google.com, maka klik saja tombol seperti yang ditunjukkan dalam gambar.

Mendaftar Akun Gmail Baru
Mendaftar Akun Gmail Baru
2. Seperti ini tampilan selanjutnya, bagi yang sudah punya akun, tinggal isi email dan password, namun bagi yang ingin membuat akun baru, klik buat akun seperti yang ada di gambar.

Mengisi Data yang Diperlukan
Mengisi Data yang Diperlukan
3. Selanjutnya, Anda akan diminta mengisi informasi pribadi yang dibutuhkan, usahakan mengisi dengan jujur dan benar karena hal ini memang disarankan oleh pihak Google untuk memverifikasi keaslian data Anda, kecuali jika Anda hanya ingin mencoba-coba saja.

Verifikasi Akun Gmail Anda
Verifikasi Akun Gmail Anda
4. Untuk memastikan bahwa Anda bukanlah bot jahat, verifikasikan nomor ponsel Anda. Selanjutnya akan dikirimi kode untuk proses selanjutnya.

Verifikasi Kode yang Anda Terima di HP
Verifikasi Kode yang Anda Terima di HP
5. Setelah menerima pesan teks kode, masukkan kode verifikasi tersebut ke kolom yang diminta. Apabila kode yang Anda tunggu belum terkirim, klik coba lagi untuk mengirim ulang kode verifikasi.

Akun Gmail Berhasil Dibuat
Akun Gmail Berhasil Dibuat
6. Akun Gmail Anda kini sudah selesai terdaftar. Akun ini bisa Anda gunakan di beberapa layanan Google lainnya, seperti Youtube, Blogger, Gmail, Maps, Google+ dll. Menariknya, Anda juga bisa mengetahui cara membuat blog yang menghasilkan uang dengan akun Gmail yang sudah dimiliki.

Masukkan Email dan Password di Blogger
Masukkan Email dan Password di Blogger
7. Kini, buka www.blogger.com, masuk dengan akun email yang baru dibuat tadi. Kali ini kita akan melakukan bagaimana cara membuat blog menarik.

Konfirmasikan Profil Anda
Konfirmasikan Profil Anda

8. Anda bisa memilih keduanya, namun pada postingan ini akan menuju profil blogger terbatas.

Buat Profil Anda di Blogger
Buat Profil Anda di Blogger
9. Silahkan isi sesuai dengan nama profil yang Anda inginkan.

Buat Blog Baru dari Dashboard
Buat Blog Baru dari Dashboard
10. Klik tombol buat blog baru untuk memulai membuat blog Anda sendiri.

Isikan Data Blog Baru Anda
Isikan Data Blog Baru Anda
11. Isikan data judul blog, deskripsi blog dan juga pilih template dasar untuk blog Anda, jangan khawatir, nanti bisa disesuaikan seperti yang Anda inginkan yakni dengan mengetahui cara membuat template blog sendiri. Permulaan ini hanya untuk cara membuat blog di internet saja.

Selamat Blog Baru Anda Sudah Jadi
Selamat Blog Baru Anda Sudah Jadi
12. Selamat, jika Anda mengikuti langkah cara membuat blog dari awal, maka hasilnya akan seperti ini. Anda bisa mulai memposting apa saja yang Anda sukai, namun tetap berpedoman kepada syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Google agar blog Anda tidak di banned. Demikian informasi yang bisa Majalah Siantar sampaikan tentang cara membuat blog gratis dan mudah. Tutorial ini sudah diurutkan khusus bagi pemula yang sama sekali belum pernah membuat blog di blogger.com. Semoga artikel cara membuat blog baru ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Note: Terimakasih kepada www.programindo.com atas image creditnya. Tutorial ini tidak akan bisa publish tanpa kehadiran kalian. Kalian memang luar biiiaasa !



Berikan Penilaianmu Terhadap Artikel ini :
Rating: Skala 1 - 5


© Majalah Siantar | All Rights Reserved.


Share on Google Plus

About Erick Prakoso

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.