Windows 10 Home vs Windows 10 Pro, Pilih Mana ?

Microsoft akan segera merilis Windows 10 akhir bulan ini. Sebelumnya perusahaan IT ini sudah mengungkapkan versi yang berbeda dari sistem operasi yang akan datang. Sekarang adalah masa-masa peluncuran Windows 10 Pro dan Windows 10 Home - dua varian flatform yang populer digunakan pada PC - pada tanggal 29 Juli 2015 nanti saat Windows 10 di launching, versi mana yang harus Anda pilih? Baca juga: Kelebihan Windows 10 dan Harga Produk Aslinya

Tidak seperti Windows 7, Windows 10 diluncurkan dalam dua varian untuk pengguna desktop rumahan. Microsoft membagi jenis Windows 10 menjadi Home dan Pro, seperti yang diketahui, versi Pro tentu memiliki lebih banyak fitur dibandingkan versi Home.


variasi versi windows 10
Variasi versi windows 10

Perbedaan Windows 10 Home dan Windows 10 Pro


Apa Keuntungan Menggunakan Windows 10 Home ?
Windows 10 Home adalah varian dasar Windows 10. Muncul dengan sejumlah fitur baru termasuk perubahan pada Start Menu. Perusahaan memutuskan untuk mengganti tampilan dari Windows 8 tiga tahun yang lalu, tetapi merujuk pada permintaan populer, fitur ini kembali dibuat pada sistem operasi desktop. Anda juga bisa mendapatkan full version dari Cortana, asisten suara digital sebelumnya yang secara eksklusif tersedia di Windows Phone. Selain itu, edisi Home juga terdapat fitur seperti Battery Saver, dukungan TPM, dan fitur biometrik keamanan baru perusahaan bernama Windows Hello yang bisa Anda nikmati.

Battery Saver, untuk Anda yang belum pernah mengenal fitur ini, adalah fitur yang membuat sistem anda lebih hemat daya. Fitur ini melakukannya dengan membatasi aktivitas di belakang layar pada perangkat Anda. Sebuah TPM adalah microchip yang menawarkan fungsi yang berhubungan dengan keamanan tambahan. Banyak produsen motherboard menginstal TPM chip pada perangkat mereka. Microsoft menjamin bahwa jika motherboard anda memiliki chip seperti ini, Windows 10 Home akan memberikan dukungan untuk keamanan seperti itu.

Pengguna Windows 10 Home juga akan dapat memanfaatkan semua opsi Virtual Desktop dan Snap yang membantu fitur sampai dengan 4 aplikasi pada satu layar. Selain itu, mereka juga dapat memberikan pusaran untuk Continuum, fitur unggulan dari Windows 10 yang memungkinkan Anda dengan cepat beralih dari mode desktop ke mode tablet. Anda juga diberikan fasilitas Microsoft Edge, yakni semacam browser baru.

Home edition juga mendukung Windows Update - berhak untuk memeriksa update otomatis dari Microsoft - dan juga menyediakan langkah-langkah keamanan seperti Microsoft Passport. Namun, jika Anda mendambakan untuk perlindungan yang lebih canggih, atau jika pekerjaan Anda membutuhkan fitur seperti dukungan untuk proses kencang pada aplikasi bisnis, versi Home bisa ditinggalkan dan sebaiknya Anda beralih ke versi Windows 10 Pro.

Apa Keuntungan Menggunakan Windows 10 Pro ?
Windows 10 versi Pro, di samping dilengkapi dengan semua fitur edisi Home, versi Pro juga menawarkan konektivitas dan privasi alat canggih seperti Domain Join, Group Policy Management, BitLocker, Remote Desktop, Client Hyper -V, dan akses lainnya.

Fitur Access 8.1, memungkinkan Anda untuk mengunci akun pengguna dan mencegah mereka mengakses aplikasi tertentu. BitLocker, adalah salah satu aplikasi yang paling terjamin dalam melakukan proses enkripsi pada Windows. Software ini juga memungkinkan Anda mengenkripsi eksternal USB-drive Anda. Selain itu, pengguna Windows 10 Pro juga akan mendapatkan alat yang memfasilitasi konektivitas tanpa batas saat bergabung Azure Active Directory, dan Toko Bisnis untuk Windows 10. Jadi lebih bagus menggunakan versi Pro bukan?

Perbedaan Windows 10 Home dan Windows 10 Pro
Perbedaan Windows 10 Home dan Windows 10 Pro
Namun, fitur lengkap tentu tidak diberikan secara gratis, biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna bisa mencapai Rp. 2 jutaan untuk bisa memiliki versi pro dari Windows 10 terbaru ini.
Share on Google Plus

About Erick Prakoso

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.