Cara Membuat Penunjuk Arah Mata Angin

Perubahan arah angin sangat besar pengaruhnya terhadap perubahan cuaca. Tidak heran jika alat penunjuk arah angin juga disebut sebagai pentunjuk cuaca disuatu tempat, karena, ketika angin mengalami perubahan arah, sering terjadi perubahan cuaca. Alat penunjuk arah angin ini biasanya sering diletakkan pada puncak bangunan, di mana angin tidak terpengaruh oleh banyak objek dekat dengan tanah. Anda dapat membuat baling-baling cuaca sederhana sebagai proyek ilmu pengetahuan atau sebagai hiasan halaman atau memotong desain yang lebih dari kayu atau sekedar bereksperimen saja.

Cara Membuat Penunjuk Arah Mata Angin
Cara Membuat Penunjuk Arah Mata Angin
1. Potong celah di setiap akhir dari sedotan. Ambil sedotan plastik lurus, dan menggunakan gunting untuk memotong celah pada setiap ujungnya. Buatlah setiap celah sekitar 1 cm (atau 1/2 inci) panjang. Jika Anda tidak memiliki perekat, cukup dengan memotong sepotong kecil, lebarnya sebesar kuku orang dewasa.

Jika Anda memiliki pipet dengan cekungan di dalam, potonglah bagian luarnya, kemudian sisakan bagian yang lurusnya saja.

2. Potonglah kertas tebal menjadi segitiga dan persegi. Potongan ini bisa terbuat dari kertas manila, kartu indeks, atau karton tipis seperti posterboard atau kotak sereal. Membuat segitiga "panah" bentuk (sama kaki), dan tetap lebih kecil dari alun-alun. Jika Anda memiliki seorang penguasa, membuat panah sekitar 5 cm (2 di.) Panjang, dan alun-alun sekitar 7 cm (2 3/4 in.) Di setiap sisi.

Anda juga dapat memotong persegi menjadi bentuk yang berbeda selama itu masih lebih besar dari panah. Anda juga bisa memanfaatkan mereka atau menambahkan stiker untuk lebih indah.

3. Tempelkan kertas segitiga dan persegi ke dalam slot pada jerami. Masukan segitiga pada salah satu ujungnya, sehingga membuat titik seperti anak panah. Masukan alun-alun ke slot lainnya. Jika sedikit keluar, tambahkan sedikit lem dan meletakkan jerami datar di selembar kertas memo. Panah pada alat ini harus kering dan berada bersama-sama pada saat Anda membutuhkannya lagi. Letakkan kertas bekas atau koran sebelum menggunakan lem, untuk menghindari tumpahnya lem di atas meja.

4. Isi wadah dengan batu-batu kecil. Ambil wadah yoghurt, cangkir minum plastik, atau yang lain kecil, wadah plastik bahwa tidak ada rencana untuk menggunakan bahan seperti ini untuk tujuan lain. Isi ini sekitar setengah penuh dengan kerikil, pasir atau benda berat lainnya yang akan membuat baling-baling angin dari tergelincir. Jika Anda tidak memiliki wadah yang tepat, Anda dapat menggunakan sepotong besar tanah liat lembut.

5. Membuat tutup untuk wadah. Jika wadah sudah memiliki tutup, pasrikan sudah dipasang dengan erat. Jika tidak, Anda dapat membuat tutup dengan menempelkan piring kertas atau sepotong karton di ujung terbuka dari wadah. Pastikan lem kering dan tutup terpasang sebelum Anda melanjutkan.

6. Pilih pensil dengan karet (penghapus) di salah satu ujung. Putar wadah plastik terbalik dan membuat lubang melalui bagian bawah, meminta bantuan orang dewasa jika Anda perlu. Tongkat pensil melalui lubang ini, menulis sisi bawah, dan ke dalam kerikil atau pasir agar tidak tergelincir. Tambahkan lem atau dempul sekitar lubang jika pensil masih jatuh di atas.

7. Putar batang kecil tongkat melalui sedotan ke dalam karet pensil (penghapus). Ambil paku payung atau pin tajam. Tempelkan melalui pusat jerami minum, kemudian ke karet pensil (penghapus). Jika jerami tidak akan berputar ketika Anda meniup di alun-alun kertas, atau jika jatuh di atas, coba menempel pin lebih dekat ke pusat jerami, atau memotong sepotong kecil dari kertas di ujung yang jatuh di atas.

8. Gunakan kompas untuk menandai arah pada baling-baling angin Anda (opsional). Jika Anda memiliki jenis kompas yang menemukan arah, menggunakannya untuk mencari tahu di mana utara adalah. Menulis "Utara" di sisi wadah plastik Anda, atau di sisi tutupnya. Anda dapat melewatkan langkah ini jika Anda tidak perlu tahu arah kompas angin.

Ingat, jika Anda memindahkan wadah, Anda harus menggunakan kompas lagi sehingga Anda dapat melapisi "utara" sisi ke arah yang benar. Anda juga dapat menulis "timur", "selatan", dan "barat" di sekitar kontainer, agar searah jarum jam ketika melihat ke bawah dari atas.

9. Menonton spin baling-baling angin. Ambil baling-baling angin luar, jauh dari dinding dan benda-benda besar yang mungkin menghalangi angin. Jika ada angin apapun, itu harus mendorong melawan persegi kertas, berputar jerami sampai panah menunjuk ke arah angin bertiup dari. Jika panah menunjuk barat, yang berarti angin adalah "angin barat", bertiup dari barat ke timur.

Demikian artikel seputar Cara Membuat Penunjuk Arah Mata Angin semoga bermanfaat.


Relevan Search :
penunjuk arah angin di bandara
penunjuk arah angin di peta
alat penunjuk arah angin
download penunjuk arah angin
penunjuk arah mata angin alternatif
alat penunjuk arah mata angin
aplikasi petunjuk arah mata angin
penunjuk arah mata angin blackberry
petunjuk arah mata angin di bandara
alat bantu penunjuk arah angin
bendera penunjuk arah angin
cara membuat penunjuk arah angin
penunjuk arah mata angin disebut juga apa
petunjuk dan arah mata angin
download kompas penunjuk arah angin
Share on Google Plus

About Erick Prakoso

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.