Uni Eropa Tuntut Sistem Monopoli Google

Google kembali berada dibawah tekanan setelah regulator antitrust Uni Eropa yang mengatakan bahwa perusahaan mereka menyalahgunakan posisi dominan dari sistem operasi mobile Android, sebuah langkah yang bisa mengurangi pemasukan bagi perusahaan raksasa IT dunia tersebut.

Tuduhan oleh Komisi Eropa membuka pertempuran kedua dengan mesin pencari internet yang paling populer di dunia, menempatkan pada risiko denda besar dan perubahan radikal untuk praktik bisnisnya.

Google sudah menghadapi tuduhan Uni Eropa untuk mempromosikan layanan belanja sendiri dalam pencarian Internet dengan mengorbankan produk saingan, kasus yang telah menyeret sejak akhir 2010 dan ditandai dengan tiga kali gagal untuk menyelesaikan masalah.

Uni Eropa Tuntut Sistem Monopoli Google
ilustrasi os Android

Taruhannya tinggi dalam kasus Android untuk Google yang membuat sekitar $ 11 miliar dari penjualan iklan di ponsel Android dengan aplikasi Google seperti Maps, Search dan Gmail pada tahun lalu.

"Sektor mobile internet kompetitif semakin penting bagi konsumen dan bisnis di Eropa," kata Komisaris Persaingan Eropa Margrethe Vestager dalam sebuah pernyataan.

Baca juga : Cara Menghemat Daya Baterai di HP Android

"Berdasarkan investigasi kami sejauh ini, kami percaya bahwa perilaku Google menyangkal konsumen atas pilihan yang lebih luas dari aplikasi dan layanan mobile dan berdiri di jalan inovasi dengan pemain lain," lanjutnya.

Dikatakan sekitar 80 persen dari perangkat ponsel pintar di Eropa dan di dunia berjalan di os Android, sistem operasi mobile yang masih tetap dikembangkan oleh Google.


Google telah melanggar aturan antitrust Uni Eropa, Komisi menuduh, dengan mewajibkan produsen untuk pra-install Google Search dan browser Google Chrome dan mencegah produsen dari penjualan perangkat mobile yang berjalan pada sistem operasi bersaing berdasarkan Android kode sumber terbuka.

Hal ini juga diisi dengan pemberian insentif keuangan terutama kepada produsen dan operator jaringan untuk pra-install secara eksklusif atas pencarian Google pada perangkat yang dimiliki oleh user.


Berikan Penilaianmu Terhadap Artikel ini :
Rating: Skala 1 - 5

© Majalah Siantar | All Rights Reserved.
Share on Google Plus

About Miyako Koyami

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.