Cek Kondisi Kesehatan dengan Warna Lidah

MajalahSiantar.NET - Mungkin sebagian besar orang merasa bahwa lidah hanya digunakan untuk mengecap rasa makanan atau minuman. Ternyata dalam dunia kesehatan, fungsi lidah tidak sekedar hanya itu saja. Lidah adalah bagian tubuh yang bisa memberikan informasi mengenai tingkat kesehatan seseorang dengan memperhatikan dengan teliti bentuk dan warna lidah seseorang yang hendak di cek kesehatannya. 

Adapun gejala seperti demam, sakit kepala, dan muntah biasanya menarik perhatian lebih dari gejala yang berhubungan dengan lidah. Oleh karena itu, jika Anda merasa tidak sehat, memantau lidah bisa membantu Anda menemukan apa masalah kesehatan yang sedang Anda alami.

Cek Kondisi Kesehatan dengan Warna Lidah

Apabila Lidah Bengkak

Lidah bengkak adalah keadaan darurat yang membutuhkan perhatian medis segera. Hal ini karena lidah bengkak dapat dengan cepat memburuk ke titik di mana aliran udara terhambat. Jika lidah Anda bengkak, pergi ke dokter sesegera mungkin.

Salah satu penyebab paling umum dari lidah bengkak adalah alergi obat. ACE inhibitor, yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, kadang dapat menyebabkan lidah membengkak jika Anda alergi terhadap obat ini. Obat-obatan umum seperti aspirin dan ibuprofen pun dapat menyebabkan lidah membengkak jika Anda memiliki alergi terhadap obat tersebut.

Kemungkinan penyebab lain adalah alergi makanan. Alergi makanan dapat menyebabkan berbagai gejala dari sakit perut ke gatal-gatal dan ruam.

Alergi makanan yang paling umum pada anak-anak adalah alergi kacang tanah, kedelai, susu, gandum, dan telur. Di antara orang dewasa, alergi makanan yang paling sering adalah alergi kacang, ikan, gandum, dan kerang atau makanan laut lainnya. Reaksi alergi sering membutuhkan perhatian medis, bicarakan dengan dokter jika Anda berpikir Anda memiliki alergi makanan yang menyebabkan lidah membengkak.

Kadang-kadang, alergi sengatan lebah juga dapat menyebabkan lidah membengkak. Namun, hal ini lebih jarang terjadi dbanding pembengkakan pada tenggorokan atau bibir. Meskipun demikian, jika Anda berpikir Anda mungkin alergi terhadap sengatan lebah, penting untuk mencari saran medis, alergi sengat lebah dapat mengancam jiwa.

Kadang-kadang, infeksi dapat menyebabkan lidah membengkak. Infeksi akan terletak jauh di dalam lidah, atau di bawah mulut. Tanda tanda bahwa lidah Anda bengkak oleh infeksi mulut adalah bahwa pembengkakan akan berkembang perlahan-lahan selama beberapa hari. Infeksi yang tidak diobati dapat mengancam jiwa, sehingga dokter Anda harus diberitahu mengenai hal ini.


Apabila Lidah Berwarna Keputihan

Jika lidah Anda terlihat lebih putih dari biasanya, penyebab yang paling mungkin adalah kebersihan pribadiyang buruk. Lapisan putih di lidah Anda terdiri dari hal-hal seperti bakteri dan sel-sel mati. Jika lidah putih Anda memang disebabkan oleh kebersihan yang buruk, Anda dapat dengan mudah memperbaiki masalahnya dengan menyikat lembut lidah Anda dengan sikat gigi. Menggosok gigi dan lidah dua kali sehari, serta minum banyak air, akan mencegah lapisan putih datang kembali.

Penyebab lain dari lidah putih antara lain adalah mulut kering dan demam. Sangat jarang terjadi tapi lidah keputihan bisa menjadi gejala penyakit jantung bawaan, HIV, sifilis, atau kanker lidah.

Apabila Lidah Kemerahan

Jika seluruh lidah Anda kemerahan, itu bisa menjadi gejala demam Scarlet. Demam Scarlet adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang sama yang menyebabkan radang tenggorokan. Perbedaan antara demam berdarah dan radang tenggorokan adalah bahwa dalam kasus demam berdarah, bakteri melepaskan toksin yang menyebabkan ruam dan gejala lainnya.

Ketika tidak diobati, demam berdarah dapat menyebabkan kerusakan serius pada banyak sistem tubuh. Gejala lain dari demam Scarlet termasuk ruam merah terang di sebagian besar tubuh, sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening, demam tinggi, mual, dan sakit kepala. Jika Anda berpikir Anda atau anak Anda memiliki demam scarlet, pergilah ke dokter segera. (Sumber: Meetdoctor.com)



Berikan Penilaianmu Terhadap Artikel ini :
Rating: Skala 1 - 5

© Majalah Siantar | All Rights Reserved.

Share on Google Plus

About Miyako Koyami

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.