Revisi UU ITE, Melanggar Bisa Dipidana

MajalahSiantar.NET - Beberapa UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) mengalami perubahan yang berlaku efektif sejak hari ini. Meskipun sudah direvisi, namun secara keseluruhan tidak ada hal atau poin yang terlalu signifikan dalam UU tersebut.

Hal ini bisa diartikan bahwa seluruh konten informasi elektronik masih bisa dijadikan delik dalam UU tersebut. Hanya saja, bila yang dahulu adalah delik umum, maka sekarang berubah menjadi delik aduan. Adapun beberapa hal yang dilarang yaitu:

1. Konten melanggar kesusilaan, ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara.
2. Konten perjudian, ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara.
3. Konten yang memuat penghinaan dan atau pencemaran nama baik. Bila dulu diancam maksimal 6 tahun penjara, kini menjadi 4 tahun penjara.
4. Konten pemerasan atau pengancaman, ancaman tetap yaitu maksimal 4 tahun penjara.
5. Konten yang merugikan konsumen, ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara.
6. Konten yang menyebabkan permusuhan isu SARA, ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara.

Revisi UU ITE, Melanggar Bisa Dipidana

Maka sangat penting bagi Anda untuk menggunakan kemajuan teknologi sekarang ini dengan ekstra hati-hati karena jika salah mempergunakannya, bukan tidak mungkin Anda bisa dijerat sesuai dengan tindakan yang sudah diperbuat. 

UU ini bisa saja diperbaharui kembali dimasa yang akan datang sesuai dengan kebutuhan dan kompleksitas hukum yang berlaku di Indonesia.

Banyak sekali para pengguna dunia maya yang biasa disebut dengan netizen, menggunakan internet untuk hal-hal yang negatif sehingga mengakibatkan terjadinya konflik, baik itu karena isu SARA, tindakan kriminal serta perdagangan obat-obat yang tidak jelas legalitasnya. 

Bahkan dengan kemajuan teknologi sekarang ini tidak jarang terjadi penipuan yang mengatasnamakan badan atau instansi seperti iklan lowongan kerja yang tidak jelas sumbernya dan memperdaya para korban dengan meminta sejumlah uang dengan alasan biaya transportasi yang dijanjikan akan ditanggung setelah peserta berada di lokasi yang dimaksud. Padahal itu semua murni bentuk penipuan.


Berikan Penilaianmu Terhadap Artikel ini :
Rating: Skala 1 - 5

© Majalah Siantar | All Rights Reserved.


Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.