Penyebab HP Android Panas dan Cara Menghindarinya

Penyebab HP Android Panas dan Cara Menghindarinya
Penyebab HP Android Panas dan Cara Menghindarinya

MajalahSiantar.NET - Produsen smartphone terus-menerus meningkatkan produk mereka dengan menawarkan hardware terbaik yang ada tersedia di pasaran. Terkadang pada hp dengan spek 6GB RAM dan prosesor yang sangat kuat, justru kurang dari segi desainer dan ukuran sehingga menciptakan smartphone dengan ukuran yang tipis. 

Oleh karena itu, hp menjadi cepat panas dan tidak konsisten dan bisa menyebabkan sejumlah masalah besar, membuat hp tidak berfungsi sebagaimana biasanya. Itu sebabnya ketika smartphone Android atau tablet memanas, Anda mulai khawatir dan punya pertanyaan tersendiri.

Namun, dalam skenario tertentu, masalah ini terjadi selama waktu yang panjang ketika smartphone mulai ketinggalan. Dalam kebanyakan kasus, satu-satunya jalan keluar adalah untuk membeli smartphone baru, meskipun ada beberapa solusi dasar dan metode yang dapat mengurangi risiko dan masalah pada tingkat tertentu. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita membahas tentang apa yang sebenarnya akar masalah overheating pada smartphone dan yang lebih penting, bagaimana Anda bisa menghindari / mencegahnya.

Apa Penyebab Overheating pada Ponsel Android?

Meskipun artikel ini berkonsentrasi pada perangkat Android, namun kasus serupa bisa sama untuk pengguna smartphone / tablet.

Menggunakan HP Saat Di Charger
Ini mungkin adalah sumber utama untuk masalah pemanasan pada smartphone. Mayoritas pengguna game handheld mereka ketika sedang terhubung ke sumber listrik tapi mereka terus memakainya. Ketahuilah, game adalah aplikasi yang memakai sumber daya besar dan akibatnya, menyebabkan CPU dan GPU melakukan lebih banyak pekerjaan dari yang mereka biasanya lakukan, oleh karena itu, hp cenderung semakin panas. Selain itu, baterai semakin dibebankan secara bersamaan yang juga memancarkan panas.

Gaming Berlebihan
Lebih dari bermain game, Anda tidak harus terus-menerus bermain game dengan hp android Anda. Berikan waktu sejenak untuk mendinginkan terlebih jika Anda menggunakan hp dalam waktu lama untuk menjalankan aplikasi seperti Modern Combat atau FIFA. Kebanyakan smartphone tidak dilengkapi dengan gel pendingin yang dapat membantu masalah overheating.

Faktor Lingkungan
Android Smartphone lebih rentan terhadap panas ketika dioperasikan di daerah panas atau digunakan di bawah sinar matahari langsung. Selain itu, Anda harus menghindari menjaga handset pada dashboard mobil Anda untuk alasan tertentu. Anda juga tidak harus menempatkan hp hanya di kamar ber-AC, tetapi jika ada pilihan yang lebih baik, bisa saja mencari ruangan yang adem. Tapi yang penting untuk diingat ketika perangkat yang menjalankan Android terlalu panas, penting untuk memeriksa kondisi iklim eksternal sebelum mencari masalah internal.

Anda dapat memeriksa kondisi baterai Anda dengan call "*#*#4636#*#*" ​​dan menekan "informasi baterai" pada menu pilihan. Jika hasilnya tidak menunjukkan keadaan "baik", Anda mungkin perlu untuk mengganti baterai yang baru.

Cara Menghindari Over-Heating

Setelah mengetahui apa saja yang membuat smartphone Anda menjadi panas, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kepanasan pada ponsel Anda.

Jangan Gunakan Aplikasi Semuanya Sekaligus
Kebanyakan aplikasi berjalan di latar belakang, layanan lokasi diatur ke tingkat akses tertinggi, koneksi data 4G diaktifkan (mungkin hotspot juga), perangkat NFC / Bluetooth terhubung dan Anda masih mengharapkan hp Anda tidak mendidih?

Beberapa pengguna memang memahami bahwa jika OEM sudah ada pada smartphone, memang tidak ada salahnya apakah seseorang menggunakan aplikasi semua bersama-sama atau tidak. Tapi hp android Anda mungkin tidak dioptimalkan secara cukup untuk bobot kerja tersebut. Oleh karena itu, tetaplah menggunakan aplikasi ringan tidak sekali semuanya selama penggunaan.

Dan juga, disarankan untuk mematikan getaran sepenuhnya jika itu bukan sebuah keharusan, terutama getar pada opsi sentuh di Android. Kecerahan adalah komponen lain yang dapat Anda meminimalkan untuk memperbaiki kondisi panasnya hp android. Kuncinya adalah untuk memastikan prosesor Anda tidak menjalani beban lebih atas aplikasi yang menggunakan daya besar. Semoga bermanfaat!




Berikan Penilaianmu Terhadap Artikel ini :
Rating: Skala 1 - 5

© Majalah Siantar | All Rights Reserved.

Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.