Demi Kesehatan Anda, Kurangi Konsumsi Mie Kuning

Demi Kesehatan Anda, Kurangi Konsumsi Mie Kuning
Demi Kesehatan Anda, Kurangi Konsumsi Mie Kuning

MajalahSiantar.NET - Belum lama ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Medan telah menyita sebanyak 1,2 ton mie kuning mengandung formalin dari Pasar Dwikora Patuan Anggi, Kelurahan Sukadame, Siantar Utara, Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (2/8).

"Seluruh mi berformalin itu kami sita dari enam grosir. Pemiliknya sedang dimintai keterangan. Nantinya, akan terungkap asal mi berformalin tersebut," demikian keterangan Kabid Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Medan, Ramses Dolok Saribu seperti yang dikutip dari BeritaSatu.

Selain itu, masih ada kecurigaan dari sosok Ramses yang kuat bahwa puluhan ton mie yang mengandung formalin yang sudah dijual ke masyarakat tidak hanya di kawasan kota Pematangsiantar saja, namun sudah sampai ke Balige, Toba Samosir, Simalungun, dan lainnya.

Ia berpendapat bahwa mie dengan campuran formalin tersebut membahayakan kesehatan masyarakat, sehingga mereka sudah melakukan kerja secara terarah sejak bulan April lalu untuk mengungkapkan kebenaran yang terjadi di lapangan.

Terdapat 10 pabrik mie yang ada di Siantar. Hanya saja, BPOM belum dapat memastikan asal mi berformalin yang disita tersebut, sebab belum bisa dipastikan dengan tepat apakah berasal dari salah satu pabrik di sana. Pihaknya masih melakukan penelitian untuk kepastiannya.

"Kami masih melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Pematangsiantar, Disperindag Pematangsiantar, Ketahanan Pangan untuk menangani kasus mi mengandung formalin tersebut. Kami mengupayakan kasus ini agar bisa sampai ke pengadilan," tuturnya.


Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.