Ini Cara Facebook Atasi Konten Negatif

Ini Cara Facebook Atasi Konten Negatif
Ini Cara Facebook Atasi Konten Negatif

MajalahSiantar.NET - Sosial media terbesar Facebook, kini punya cara tersendiri untuk mengatasi masalah konten negatif yang kerap mengganggu para penggunanya. Tim manajemen Facebook sendiri mengklaim bahwa mereka punya cara khusus karena mereka sangat serius dalam hal tersebut.

Bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara dan Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, sejumlah perwakilan Facebook menjelaskan bahwa mereka bisa melakukan geoblocking terhadap konten-konten yang dinilai negatif di Indonesia dan fitur ini sudah digunakan.

"Terkait pengendalian konten-konten negatif, saat ini dilaporkan kepada kami bahwa mereka punya fitur baru khusus untuk Indonesia. Jadi mereka bisa melakukan geoblocking, sehingga bisa memblokir secara regional," kata pria yang akrab disapa Semmy ini di kantor Kemkominfo, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Lebih lanjut, fitur ini akan memblokir konten yang dianggap terlarang di sebuah wilayah tertentu. Nantinya konten yang dilarang di Indonesia, masih bisa diakses di negara lain yang tidak mempermasalahkannya.

Saat ini pemerintah memang tengah gencar memblokir konten-konten negatif yang bertebaran di internet. Jauh hari sebelum pertemuan ini, langkah Kemkominfo memblokir situs web Telegram karena dinilai berisi banyak konten radikalisme dan terorisme pun menjadi sorotan.

Sampai saat ini situs web Telegram masih diblokir, meski sang CEO Pavel Durov, sudah bertemu dengan Rudiantara, kemarin (1/7/2017).

Setelah Telegram dan Facebook, kata Semmy, pemerintah juga menjadwalkan pertemuan dengan perusahaan internet lain yaitu Twitter dan Google. Pertemuan ini juga termasuk pembahasan penanganan konten negatif.

Share on Google Plus

About Majalah Siantar

Majalah Siantar adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai berita terbaru, koleksi artikel bermanfaat, tips dan trik, pandangan tentang topik aktual terkini yang patut diketahui pembaca, karya tulis dan berbagai catatan dalam dunia pendidikan.