Sunday, October 28, 2018

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata
Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata - Akhir-akhir ini sering sekali muncul dalam pemberitaan bahwa anak kecil yang suka bermain game di gadgetnya hingga berjam-jam akhirnya memberikan dampak buruk bagi matanya. Apalagi dalam keadaan akut bisa membuat mata buta.

Apakah ini bisa terjadi pada anda ?, tentu saja bisa. Penggunaan perangkat seperti smartphone dan komputer sudah menjadi makanan sehari-hari meskipun kita tahu bahwa radiasinya tidak baik untuk kesehatan mata.

Namun mau bagaimana lagi, bagi sebagian orang mungkin berhubungan dengan layar adalah pekerjaan sehari-hari. Mau tidak mau, ya harus menatap layar berjam-jam lamanya. Bila sudah seperti ini, bukan hanya penglihatan yang semakin menurun tetapi bisa juga merambah kepada tingkat produktivitas kita sendiri.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk meminimalisir sekaligus menjaga mata tetap sehat seperti menurut dokter Nathan Bonilla-Warlord yang merupakan seorang pakar kesehatan mata di Mashable, Florida, Amerika Serikat.

1. Gunakan Monitor Besar
Penggunaan monitor besar lebih disarankan daripada menggunakan yang kecil. Apabila memungkinkan, bekerja dengan monitor lebih besar memberikan dampak lebih kecil terhadap tingkatan stress kita.

Maka tak heran jika menggunakan ponsel bisa dengan cepat membuat mata lelah dibandingkan misalnya kita menonton tv. Meski dengan durasi yang sama, tentu memandang layar ponsel pastinya lebih cepat membuat mata lelah.

2. Pencahayaan yang Tepat
Mengatur pencahayaan juga berpengaruh pada mata kita. Sebaiknya anda bekerja dengan pencahayaan yang cukup agar mata kita tidak mudah merasa sakit, contohnya menggunakan lampu meja maka sebaiknya yang diterangi adalah meja tersebut bukan Anda.

Posisi bekerja disamping jendela lebih disarankan dibanding bekerja di depan atau belakang Anda. Manfaatkan tirai atau layar agar bisa mengatur tingkat kesilauan cahaya dan posisikan layar di tempat terbaik untuk mengurangi pantulan dari jendela.

3. Atur Jarak dan Sudut Baca
Silahkan untuk mengatur posisi layar sehingga Anda melihatnya sedikit ke bawah dan berjarak sekitar 24 hingga 28 inci serta pastikan juga layar cukup besar dan dengan kecerahan serta kontras yang tepat.

4. Ukuran Font di Layar
Jika anda memiliki masalah penglihatan, bisa dibantu dengan memperbesar teks dan gambar di perangkat untuk membantu penglihatan. Semakin besar font biasanya akan membantu mata lebih tahan menatap layar dalam waktu yang cukup lama.

5. Ambil Waktu Istirahat
Jangan terlalu porsir pekerjaan anda, sebab mata memiliki ketahanan tertentu terhadap cahaya dari layar. Untuk itu, dalam beberapa menit anda bekerja usahakan untuk melihat objek lainnya jangan terlalu terpaku pada layar terus menerus.

Misalnya dalam waktu 10 menit sekali anda bisa melirik objek lain selama 10 detik untuk penyegaran mata dan membantu anda bisa bekerja dengan layar lebih lama lagi.

Demikian tadi informasi seputar tips Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata kita, apalagi dijaman modern seperti sekarang ini jika bukan kita sendiri yang menjaga mata kita lalu siapa lagi ?. Rutin mengkonsumsi wortel juga bagus untuk kesehatan mata. Jadi jangan tunggu mata anda buta untuk mulai menjaga kesehatan mata ya guys.