Wednesday, December 26, 2018

AKBP Faisal Saat Apel Gabungan
AKBP Faisal Saat Apel Gabungan. Image by MetroSiantar.com

Jika anda merupakan salah satu yang berencana untuk mudik dalam rangka liburan akhir tahun, tentu saja ada banyak hal yang harus dipersiapkan demi kelancaran dalam mudik sehingga bisa sampai ditujuan. Bukan hanya biaya mudik, namun ada hal lain yang sama pentingnya untuk diperhatikan apalagi anda ingin mudik dalam durasi yang cukup lama. Mengenai mudik, Kapolres Asahan AKBP Faisal memberikan saran kepada anda yang ingin liburan yakni untuk mempersiapkan rumah dalam kondisi aman saat ditinggalkan.

Pemudik bisa meminta bantuan kepada tetangga ataupun petugas keamanan disekitar tempat tinggal sebelum meninggalkan rumah. Saran ini disampaikan AKBP Faisal F Napitupulu persis ketika apel bersama personel gabungan TNI, Polri dan Instansi lainya di Lapangan Ady Pradana, hari Jumat (21/12). Dengan demikian, segala kerugian yang mungkin timbul karena mudik bisa diminimalisir dan dicegah.

Selain itu, pengamanan di daerah Asahan sendiri sudah dilakukan peningkatan untuk membuat warga yang mudik semakin merasa aman. Disisi lain Kapolres juga mengingatkan untuk selalu melengkapi semua surat-surat kendaraan agar mudik lebih lancar dan mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan pintu sudah tertutup dengan kuat bahkan bila perlu diberikan kunci ganda. Tak lupa perhatikan juga sistem kelistrikan rumah agar mematikan yang tidak perlu. Pada sisi rumah apabila memungkinkan, jendela juga harus dalam keadaan terkunci dan diberikan pengaman seperti teralis sehingga sulit bagi pencuri untuk masuk kedalam rumah.

Ratusan ribu personel petugas siap mengamankan liburan akhir tahun 2018 ini demi menciptakan ketentraman baik lokasi yang ditinggalkan maupun tujuan yang hendak dikunjungi. Keamanan lingkungan menjadi amat penting saat musim mudik terutama bagi mereka yang bepergian jarak jauh untuk waktu yang cukup lama.

Selama perjalanan juga akan disediakan pos-pos penjagaan yang memungkinkan pemudik bisa istirahat selama perjalanan. Pos-pos ini disebar dibeberapa titik untuk membantu pemudik yang kelelahan dalam perjalanan menuju tujuan liburannya.