Saturday, April 6, 2019

5 Makanan Ampuh Atasi Nyeri Haid
5 Makanan Ampuh Atasi Nyeri Haid

MajalahSiantar.NET - Halo girls, mungkin anda adalah orang yang paling beruntung dengan bisa mendapatkan tamu bulanan setiap bulan selain yang sedang mengandung. Tetapi tak semua wanita yang mau menyambut tamu bulanan ini dengan riang gembira. 

Pasalnya sering pula saat mereka mengalami menstruasi justru dijadikan sebuah kesempatan untuk menyalahkan pasangannya. Bisa jadi ini juga dijadikan alasan untuk membuat mereka selalu benar. Itulah mengapa cowok tak berdaya jika mereka sudah menyangkutkan semua perkara dengan alasan lagi haid.

Tapi memang, saat nyeri haid sering kali tak tertahankan dan bisa hingga mengalami mual, sakit kepala, muntah-muntah, hingga diare bisa membuat sang cowok gak tega juga melihat seorang perempuan seperti itu. Gejala ini dikenal juga dengan premenstrual syndrome atau PMS.

Biasanya, salah satu cara untuk mengatasinya nyeri adalah mengkonsumsi obat-obatan atau minum minuman yang katanya bisa meredakan nyeri. Dari sisi kesehatan wanita sebaiknya tak mengkonsumsi secara sembarangan tanpa konsultasi medis. Hal ini dikarenakan obat menstruasi juga menimbulkan sejumlah efek samping yang bisa berbahaya lho.

Untungnya, masih ada cara lain yang lebih alami. Jika anda mau, sebenarnya cara alami untuk mengatasi nyeri saat menstruasi adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat tetapi juga berperan untuk meredakan rasa nyeri haid. Apa sajakah itu ?

1. Teh Kamomil
Sebuah penelitian akhirnya menunjukkan bahwa teh kamomil dapat meningkatkan kadar glisin di urine yang dapat meredakan kejang otot dan membantu melemaskan saraf. Sehingga rasa nyeri saat anda haid bisa berkurang. Rutin mengkonsumsi teh kamomil juga baik untuk kesehatan. 

2. Telur
Tahukah kamu bahwa vitamin D dan B itu mampu mengurangi rasa nyeri karena PMS. Kandungan yang ada dalam sebutir telur membantu melawan gejala nyeri saat menstruasi. Vitamin E yang terdapat pada telur juga dapat membantu otak untuk mengontrol bahan kimia yang menyebabkan nyeri haid

3. Salmon
Salmon kaya akan asam lemak omega-3. Nah, asam lemak ini yang membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit yang muncul akibat haid. Mengkonsumsi salmon juga akan mengurangi nyeri saat menstruasi karena kandungan vitamin D dan B6-nya.

4. Brokoli
Jangan sembarangan menilai brokoli hanya untuk anak balita. Sebab dengan mengkonsumsi brokoli akan membantu untuk meredakan nyeri haid karena kandungan kalsium, vitamin A, C, B6, dan E yang ada didalamnya. Selain itu, bagus juga untuk mengatur kadar estrogen dan sistem pencernaan.

5. Pisang
Pisang adalah buah kesukaan monyet yang kaya akan kandungan B6 dan potasium. Nah, saat terjadi kram otot ketika sedang menstruasi bisa jadi itu disebabkan oleh kadar potasium yang rendah.

Mengkonsumsi buah pisang ternyata cukup untuk memenuhi kebutuhan potasium dalam tubuh. Pisang terbukti secara efektif bikin tubuh berhenti menahan air dan merasa kembung.

Pisang juga bisa membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor. Sehingga rasa nyeri saat haid bisa berkurang dengan mengkonsumsi pisang, harganya juga enggak mahal kok girls.