Wednesday, January 23, 2019

Hindari Kebiasaan Terlalu Sering Mandi
Hindari Kebiasaan Terlalu Sering Mandi ( Pixabay)

MajalahSiantar.NET - Dalam kehidupan sehari-hari rasanya janggal kalau tidak mandi meskipun ada saja orang yang masuk dalam kategori seperti itu. Padahal dalam sehari paling tidak ya harus mandi setidaknya pagi dan sore. Jika tidak mandi maka rasanya akan risih sendiri dan tidur pun menjadi tidak nyaman. Ada yang gatel dan membuat kita beraroma bau tidak sedap atau bau badan.

Hanya saja, terlalu sering mandi juga tidak baik untuk dilakukan. Anda harus mengetahui beberapa hal penting terkait mandi ini. Meskipun selesai mandi tubuh kita terasa lebih segar karena habis bekerja atau melakukan aktivitas olahraga misalnya. Anda juga yang memilih untuk mandi karena faktor cuaca panas.

Intinya apapun kegiatan kamu kalau tidak urgent sekali lebih baik pola mandinya juga tidak sesering mungkin. Berikut ini beberapa fakta yang harus kamu ketahui mengapa 2-3 kali mandi sehari lebih dianjurkan daripada mandi setiap 2 jam sekali.

Mandi juga memerlukan timing yang pas. Jika mandi asal-asalan kemungkinan bisa menyebabkan penyakit baru. Misalnya untuk pagi hari banyak yang males-malesan dan menggunakan air hangat untuk mandi. 

Kebiasaan ini harusnya dicoba diganti dengan menggunakan air dingin pada pagi hari. Menurut penelitian, mandi pagi dengan air dingin justru membantu untuk meredakan flu dan infeksi. Kesegaran mandi dengan air dingin juga akan dirasakan oleh rambut dan membuat metabolisme tubuh lebih baik dan siap untuk kegiatan selanjutnya seperti sekolah atau bekerja.

Selain itu, hindari berendam di bathup terlalu lama dan kalau bisa hanya sesekali saja. Efeknya akan terasa pada kesehatan jika anda terlalu sering berlama-lama berendam karena bisa menyebabkan penyakit yang mungkin dikarenakan terlalu lama berendam di air.

Disarankan untuk memprioritaskan jam mandi sekitar pukul setengah 5 dan perlu diketahui pada pukul 18.00 – 19.00 kondisi jantung kita mulai melemah bila sering mandi pada jam tersebut rentan terkena penyakit paru-paru.

Banyak juga yang mandi pada pukul 20.00-24.00, sebaiknya juga dihindari karena walaupun jantung kita sudah normal namun sebaiknya jantung sudah harus istirahat, bila dipaksakan yang ada akan berdampak negatif seperti terkena jantung dan reumatik.

Yang paling sering adalah mandi pada jam 15.00-16.00, sebaiknya sudah mulai dihindari karena efeknya tubuh kita akan terasa lemas dan letih.

Demikian artikel seputar Hindari Kebiasaan Terlalu Sering Mandi yang bisa dibagikan kepada semua pembaca, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi Anda dan oranglain. Ikuti terus artikel menarik lainnya serta yang terbaru seperti artikel ini dengan subscribe email berlangganan atau ikuti kami di Instagram, Facebook dan Twitter untuk mendapatkan info lebih cepat langsung dari beranda media sosial Anda.