Tuesday, July 30, 2019

Tips Mempercepat Kinerja HP Android
Tips Mempercepat Kinerja HP Android

MajalahSiantar.NET - Baru sebulan beli hp android baru tapi udah mulai lelet ?. Tentunya ini bikin kesal para penggunanya. Meskipun ada banyak produk smartphone yang baru launching, tapi kita tak harus buru-buru membeli. Coba beberapa cara berikut ini agar membuat hp anda kembali kuenceng.

Pakai Files Go

Google sebenarnya punya aplikasi yang bisa mengatur serta mengoptimalkan file yang ada di ponsel anda. Selain itu, aplikasi ini jauh lebih sederhana sehingga tidak sulit dalam menggunakannya. Keunggulannya, anda bisa kapan saja terus mengoptimalkan untuk pembersihan data yang tak terpakai, file ganda dan memantau seberapa banyak sisa space memory hp anda.


Hapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

Kada kita sering lupa, ada aplikasi yang dulunya diinstal hanya untuk sekali pakai. Bisa jadi anda sudah tak memerlukan aplikasi itu lagi. Jika ada aplikasi yang tak terpakai atau frekuensi penggunaannya sangat jarang, disarankan untuk dihapus saja. Bersihkan data cache dari sisa uninstall sehingga tak ada yang tersisa.

Gunakan Aplikasi Ringan

Tidak semua smartphone android punya spek gahar. Untuk itu, jika ada alternatif aplikasi dengan ukuran rendah, disarankan menggunakan itu saja tanpa mengurangi fungsi utamanya. Selain hemat space, anda juga akan hemat kuota. Contohnya adalah menggunakan versi yang lebih simple bahkan lebih menghemat kuota. Facebook menawarkan aplikasi lite untuk ukuran aplikasi lebih ringan dan mudah diakses.


Segera Instal Update

Jangan lupa untuk tetap up to date dengan memperbaharui aplikasi yang ada dismartphone anda. Bisa secara manual atau langsung sekaligus dari google playstore anda.

Hindari Live Wallpaper

Gunakan wallpaper biasa saja, karena menggunakan live wallpaper bergerak memang menarik tetapi ikut menyita memory ram dan memperlambat aplikasi lainnya.

Pakai Launcher

Coba ganti launcher bawaan verdor smartphone dengan launcher yang ringan, contohnya Google Now Launcher. Proses launch bisa jauh lebih cepat dan tidak membebani smartphone anda.

Atur Aplikasi Background

Aplikasi yang berjalan di latar belakang cenderung menguras baterai. Jadi sangat disarankan untuk rutin memantau penggunaan baterai telpon. Caranya buka Settings > Battery. Jika melihat aplikasi yang tidak normal, tekan Force Stop.

Nonaktifkan Bluetooth atau GPS

Menonaktifkan Bluetooth yang tidak digunakan akan menghemat baterai. Demikian pula fitur location sebaiknya tidak selalu diaktifkan kecuali memang sangat diperlukan.

Optimasi Baterai

Kebanyakan aplikasi optimasi baterai cenderung kurang bermanfaat. Justru hp anda dihujani banyak iklan. Jadi sebaiknya disarankan anda menghapusnya saja.