Saturday, October 26, 2019

Google Pay Aplikasi Pertama Pakai Scan Wajah
Google Pay Aplikasi Pertama Pakai Scan Wajah

Kabar baru buat kamu para pengguna Google Pay, karena kini fitur scan wajah sudah bisa dipergunakan sebagai cara baru untuk melakukan transaksi. Hingga saat ini, aplikasi besutan raksasa internet tersebut menjadi yang pertama menggunakan fitur scan wajah setelah sebelumnya hanya menggunakan sidik jari.

Fitur ini sendiri dinilai cukup canggih dan aman dalam memberikan identifikasi bahwa pengguna sebenarnya yang sedang melakukan transaksi. Sehingga Google Pay menjamin transaksi yang dilakukan pengguna bisa menjadi semakin aman. Hal ini karena semakin ketatnya cara untuk memverifikasi bahwa Anda adalah orang yang benar-benar ingin membelanjakan uang Anda.

Untuk mendapatkan fitur terbaru dari Google Pay ini, kamu bisa login ke Google Play Store serta aktifkan “Gunakan biometrik” di bawah bagian “mengirim uang” dari pengaturan aplikasi. Kedepannya, diharapkan banyak pengembang dari perangkat Android yang juga ikut serta memperbaharui gadget mereka dengan sistem pengenalan wajah yang canggih.

Meski demikian, fitur ini bukan tanpa kendala. Belum lama ini masih terjadi perdebatan mengenai scan wajah yang tetap memproses transaksi meski dengan mata tertutup. Dimana ini merupakan celah yang bisa saja dimanfaatkan orang yang tidak berwenang dengan mengarahkan ke wajah pengguna asli dalam keadaan mata tertutup.

Di Indonesia sendiri, metode pembayaran dengan menggunakan dompet digital sudah semakin meningkat penggunaannya. Sebut saja produk GoPay, Dana, LinkAja, Ovo dan iSaku. Beberapa cara yang bisa digunakan demi alasan keamanan masih pada tingkat sidik jari saja. Walaupun dengan adanya fitur tersebut, pengguna tetap bisa menggunakan password berupa pin saja dalam melakukan transaksi diberbagai merchant.

Lalu bagaimana dengan Anda, sudah coba Google Pay dengan fitur scan wajah belum ? *Who cares.